Pengaruh Penerapan Modeldiscovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

JEMITA, Arlenmit (2019) Pengaruh Penerapan Modeldiscovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (121kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian ditemukan beberapa masalah yaitu rendahnyahasil belajar IPA Terpadu peserta didik. Haltersebut dikarenakan ada guru (baik itu gurumata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lainnya) walaupun dalam RPP yang disusunmenggunakan model pembelajaran yang inofatif namun dalam pelaksanaannya lebihdominan menggunakan model pembelajaran langsung. Salah satu upaya untukmengantisipasi masalah ini dengan menerapkan pembelajaran inovatif sehingga tercapainyastandar proses pembelajaran. Peneliti menerapkan modeldiscoverylearning.Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Modeldiscoverylearningterhadap hasil belajar peserta didik Kelas VIII pada materi pokok sistem peredaran darahpada manusia di SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif denganmetode kuasieksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIIISMP Negeri2Kupang. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIIIAsebagai kelaseksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan modeldiscovery learningdanpeserta didik kelas VIII B Sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,pretest dan posttest dan analisis data secara deskripstif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari pada pembelajaran langsung. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai hasil posstest pada kelas yang menerapkan model discovery learning lebih tinggi yaitu 72.8125 dibandingkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung, yaitu 64.5313. Hasil uji Anacova juga menunjukan bahwa model discovery learning ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dimana nilai F hitung yaitu 0,000 atau lebih kecil dari 0,01. Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis H0 ditolak artinya bahwa tidak ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi sistem peredaran darah pada manusia di SMP Negeri 2 Kupang dan Ha diterima artinya bahwa ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi system peredaran darah pada manusia kelas VIII di SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII A pada materi pokok sistem peredaran darah pada manusia di SMP Negeri 2 Kupang tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh,model discovery learning, hasil belajar Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 26 Oct 2019 01:38
Last Modified: 26 Oct 2019 01:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item