Analisis Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP (Studi Kasus pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTT)

TEFA, Yulianti E. (2021) Analisis Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan E-KTP (Studi Kasus pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTT). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (774kB)
[img] Text
2. BAB I - Copy.pdf

Download (250kB)
[img] Text
3. BAB II - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
4. BAB III - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] Text
7. BAB VI - Copy_compressed.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis kualitas pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTT. Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan dan menganalisis kualitas pelayanan publik dalam pembuatan E-KTP serta mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam pelayanan pembuatan E-KTP padaDinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Informan yang dipakai dalam penelitian ini yaitu 2 orang pegawai yang terdiri dari kepala bidang pelayanan E-KTP dan kartu keluarga dan kepala seksi pembuatan E-KTPyang ada pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTTserta 10 informan tambahan dari masyarakat sebagai pengguna layanan yang dianggap mampu memberikan informasi terkait dengan kualitas pelayanan pembuatan E-KTP padaDinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTT. Teknik analisis data yang digunakan dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber. Penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan publik padaDinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTTyang mana dinilai dari dimensi menurut Tjiptono yaitu bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy). Berdasarkan (1) Dimensi Bukti fisik (tangible), dari aspek tampilan fisik bangunan masih ada gedung yang atapnya masih bolong, lalu dari aspek sarana prasarana nya belum memadai, lalu aspek fasilitas pendukung pelayanan di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTTbelum memadai, kemudian dari aspek perlengkapan pendukung seperti kotak suara atau link website untuk menampung aspirasi saran dan keluhan dari masyarakat itu tidak ada, dan untuk penampilan pegawai sudah bagus sudah berseragam dan rapi. (2) Kehandalan (reliability), dari aspek prosedur pelayanan nya belum baik masih berbelit-belit dan belum lancar dan tertib, dari aspek ketepatan waktu belum tepat waktu dalam penyelesaian pembuatan E-KTP, lalu dari aspek pelayanan akurat gimana masih belum maksimal dan belum teliti dalam pengetikan identitas E- KTP. (3) Daya tanggap (responsiveness), untuk aspek pelayanan yang cepat belum maksimal pelayanannya, untuk aspek cara penyampaian yang jelas dan mudah dimengerti sudah baik, dan untuk aspek kesediaan membantu sudah baik juga. (4) Jaminan (assurance), untuk aspek pengetahuan masih sangat minim, lalu untuk aspek kemampuan pegawai di mana masih belum terampil atau profesional, kemudian untuk aspek tanggung jawab pegawai sudah baik, lalu untuk aspek disiplin waktu kerja belum disiplin, dan untuk aspek sikap sopan santun pegawai sudah baik sudah ramah dan sopan. (5) Empaty ( empathy), untuk aspek memberi informasi dan bersikap penuh perhatian oleh pegawai pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTTsudah baik. Hambatan dalam pelayanan pembuatan EKTP pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kupang NTT yaitu: Faktor warga, Server/jaringan, Sarana prasarana dan Aparatur sipil negara (kurangnya jumlah pegawai dan latar belakang pendidikan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Pembuatan E-KTP
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:08
Last Modified: 20 Jun 2022 02:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5775

Actions (login required)

View Item View Item