“Penerapan Teknik Strumming Dan Appoyando Dalam Permainan Ansambel Gitar Pada Siswa/I Minat Gitar Kelas VIII SMPN 10 Kupang Dengan Lagu Model Hymne Guru Melalui Metode Drill Dan Imitasi Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler”

MORUK, Oktovianus Mau (2019) “Penerapan Teknik Strumming Dan Appoyando Dalam Permainan Ansambel Gitar Pada Siswa/I Minat Gitar Kelas VIII SMPN 10 Kupang Dengan Lagu Model Hymne Guru Melalui Metode Drill Dan Imitasi Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler”. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (20kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Berdasarkan penjelasan pada latar belakang di atas, maka masalah penelitian yang akan di kemukakan adalah Bagaimana upaya “penerapan teknik strumming dan appoyando dalam permainan ansambel gitar pada siswa/i minat gitar kelas VIII SMP N 10 Kupang dengan lagu model hymne guru melalui metode drill dan imitasi sebagai kegiatan ekstrakurikuler.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan siswa/i minat gitar SMP Negeri 10 Kupang kelas VIII dalam permainan ansambel sejenis gitar. Penelitian ini bersifat kualitatif dan metode yang digunakan adalah penelitian tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data melalui teknik studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, proses pembelajaran dilakukan melalui langkah sebagai berikut: menjelaskan tujuan penelitian kepada siswa-siswa atau subyek penelitian, memperkenalkan bagian-bagian gitar, terutma nada – nada yang terdapat pada gitar dalam posisi pada nada dasar C, melatih teknik iringan/strumming dan melatih teknik melodi (appoyando), memperkenalkan lagu model (hymne guru), menjelaskan tentang birama, latihan mengiringi lagu model sesuai akord yang digunakan dalam permainan ansambel sejenis (gitar), Sebagai akhir dari penelitian ini siswa/i mengiri lagu hymne guru dengan mengunakan teknik strumming dan teknik appoyando dalam permainan ansambel sejenis gitar dengan baik seperti yang telah diajarkan oleh peneliti. Semua kendala yang dihadapi siswa- siswi dapat diatasi dengan cara latihan secara berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ansambel, Gitar, Siswa-siswi, Metode Drill dan Imitasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 26 Oct 2019 01:55
Last Modified: 26 Oct 2019 01:55
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item