Menerapkan Akord Dasar Dalam Mengiringi Lagu Mengheningkan Cipta Melalui Metode Meniru Dan Drill Pada Siswa SMPN 5 Kota Kupang

DARIS, Levi Satria Gani (2019) Menerapkan Akord Dasar Dalam Mengiringi Lagu Mengheningkan Cipta Melalui Metode Meniru Dan Drill Pada Siswa SMPN 5 Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (22kB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama(SMP)Negeri 5 Kota Kupang merupakan salah satu sekolah yang sudah menjalankan extrakurikuler seni antara lain seni musik. Dalam program extrakurikuler di SMP Negeri 5 Kota Kupang terdapat beberapa kelompok pengembangan minat dan bakat antara lain : ansambel musik (pianika dan recorder), paduan suara, dan tari. Berd asarkan pengamatan ditemukan bahwa peserta didik yang berminat pada permainan musik keyboard cukup banyak, sementara dilain pihak program extarakurikuler khusus tentang permainan alat musik keyboard belum ada. Permasalahan yang diangkatdalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan untuk menerapkan akord dasar dalam mengiringi lagu mengheningkan cipta melalui metode meniru dan drill pada siswa SMPN 5 Kota Kupang. Tujuan penelitian ini yakni untuk dapat mengetahui dan mendeskripsikan proses mener apkan akord dasar dalam mengiringi lagumengheningkan cipta melalui metode meniru dan drill pada siswa SMPN 5 Kota Kupang.Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifmdengan menggunakan metode penelitian tindakan lapangan.Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya untuk menerapkan akord dasar dalam mengiringi lagu mengheningkan cipta peserta didik SMPN 5 Kota Kupang, ditempuh melalui tiga tahap yakni tahap awal yaitu pembelajaran dan pelatihan alat musik keyboard dimulai dengan pemberian materi mengenai sejarah alat musik keyboard, posisi duduk yang baik dan benar memainkan alat musik keyboard dan melatih Teknik dasar penjarian keyboard (solmisasi tangga nada natural), kemudian mengajarkan akord pokok lagu, serta melatih memainkan melodi lagu (menggunakan etude -etude yang sederhana). Tahap inti dimulai dengan memainkan lagu contoh ’’Mengheningkan Cipta’’ pada tangga nada natural (C), latihan diulangi selama dua kali pertemuan. Dengan demikian tahap akhir yaitu pementasan akhir. Dengan ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode menirudan drill pada proses latihan alat musik keyboard, peserta didik minat instrumen keyboard di SMPN 5 Kot a Kupang dapat memainkan keyboard dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan Dasar, Keyboard, Minat Siswa, Metode Meniru dan Drill.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 28 Oct 2019 01:21
Last Modified: 28 Oct 2019 01:21
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item