Studi Literatur Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama

OSE, Thresia Marsita (2021) Studi Literatur Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (52kB)

Abstract

Media pembelajaran audio visual merupakan salah satu jenis media pembelajaran yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar yang mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi dua jenis media sekaligus yaitu jenis media audio dan media visual. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran yang konkrit, kurangnya kemampuan berpikir kritis dan pemahaman peserta didik akan materi yang diajarkan oleh guru, sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA peserta didik di sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (Liberary research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari karya tulis ilmiah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah mengumpulkan berbagai macam sumber pustaka yang relevan. Data yang dikumpulkan berupa data dari skripsi dan jurnal. Setelah data dikumpulkan, dilakukan pemilahan data yang sesuai dengan tujuan penelitian kemudian data tersebut dianalisis secara sistematis untuk mempermudah peneliti dalam menyelesaikan masalah yang sedang diteliti berupa ada tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA peserta didik di sekolah menengah pertama. Hasil data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran audio visual lebih besar daripada rata-rata pretest. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA peserta didik di sekolah menengah pertama melalui studi literatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Studi Literatur, Media Pembelajaran Audio Visual, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:24
Last Modified: 20 Jun 2022 02:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5858

Actions (login required)

View Item View Item