Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII C Semester Ganjil SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

TLOIM, Onisius E. (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Materi Pokok Kalor Dan Perpindahannya Pada Peserta Didik Kelas VII C Semester Ganjil SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) merupakan variasi pembelajaran kooperatif yang paling banyak diteliti, dimana menekankan pada adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terdiri atas enam tahap yang digunakan untuk mengulas kembali fakta-fakta dan informasi dasar yang dipelajari dan berfungsi untuk mengatur interaksi peserta didik. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII C semester ganjil SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2017/2018? Secara spesifik, masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya? (2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya? (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya? (5) Bagaimana keterampilan-ketrampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII C semester ganjil SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya. (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya. (3) Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya. (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya. (5) Mendeskripsikan keterampilan-ketrampilan kooperatif peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti) dan 24 peserta didik kelas VII C semester ganjil SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Peserta didik sebagai subjek penelitian ini dipilh dengan menggunakan teknik purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Bahan Ajar Peserta Didik, dan Lembar Kerja Peserta Didik. Sedangkan instrumen yang digunakan antara lain Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, Kisi-Kisi Tes Hasil Belajar Kognitif, Kisi-Kisi Penilaian Hasil Belajar Afektif dan Psikomotor, dan Lembar Penilaian Hasil Belajar Afektif dan Psikomotor, Lembar Isian Responden Peserta Didik dan Lembar Pengamatan Keterampilan-Keterampilan Kooperatif Peserta Didik. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskpritif, yakni menghitung skor rata-rata, proporsi, dan persentase setiap aspek yang diamati dan dinilai. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif, maka secara umum dapat disimpulkan bahwa hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) materi pokok kalor dan perpindahannya pada peserta didik kelas VII C semester ganjil SMP Negeri 12 Kupang tahun ajaran 2017/2018 adalah optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Kooperatif Tipe STAD, Kalor dan Perpindahanny, Deskriptif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:09
Last Modified: 28 Oct 2019 02:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/588

Actions (login required)

View Item View Item