Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Siswa Dan Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas Viiia Smpk Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018)

BAI, Edwardus Antonius Meo (2021) Hubungan Antara Kemampuan Berkomunikasi Siswa Dan Interaksi Sosial Siswa Di Sekolah (Studi Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas Viiia Smpk Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)

Abstract

Hasil analisis data menunjukkan r hitung lebih besar dari r tabel atau r hitung > r tabel yaitu 0,597 > 0,361 pada taraf signifikasi 5 % dengan db= N-2=30. Hal ini berarti hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak ada hubungan antara kemampuan berkomunikasi siswa dengan interaksi sosial pada siswa kelas VIIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018 ditolak. Sedangkan hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan ada hubungan antara kemampuan berkomunikasi siswa dengan interaksi sosial pada siswa kelas VIIIA SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan berkomunikasi siswa dan interaksi sosial siswa di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah hendaknya dapat meningkatkan kerjasama dengan guru BK dan guru mata pelajaran dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan interaksi sosial siswa di lingkungan sekolah. 2) Guru BK diharapkan untuk tetap memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa mengenai cara-cara berkomunikasi yang baik dan cara- cara mengembangkan Interaksi Sosial siswa, agar para siswa dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan interaksi sosial siswa di sekolah. 3) Siswa diharapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK sehingga lebih mampu dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan interaksi sosial mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:56
Last Modified: 04 Jul 2022 03:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item View Item