Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization Dan Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Fotosintesis Di Smp Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017

DARSA, Hugo Yonantius (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Pendekatan Teams Assisted Individualization Dan Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Ipa Biologi Siswa Kelas Viii Pada Materi Pokok Fotosintesis Di Smp Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
File Abstrak.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang inovatif sudah dilakukan oleh guru di sekolah dengan harapan hasil belajar siswa dapat meningkat, namun pada kenyataannya guru mengalami kesulitan untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik sehingga hasil belajar siswa masih saja rendah. Hasil belajar siswa rendah disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor dari dalam diri maupun faktor dari luar diri siswa tersebut. Hal inilah yang berpengaruh terhadap aktivitas dan motivasi siswa rendah sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Salah satu alternatif sebagai cara untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan cara menerapkan model pembelajaran kooperatif yang sesuai. Salah satu model yang yang ditawarkan oleh peneliti adalah model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization dan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization dan pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII pada materi pokok Fotosintesis di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitiannya The Static Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket. Hasil penelitian hasil belajar siswa sebelum tes dan setelah tes dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Teams Assisted Individualization adalah masing-masing 49, 83 dan 79, 33. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sebelum tes dan setelah tes dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif pendekatan Numbered Heads Together adalah masing-masing 37, 17 dan 83, 67. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif melalui pendekatan Teams Assisted Individualization dan pendekatan Numbered Heads Together terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII pada materi pokok Fotosintesis di SMP Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model pembelajaran kooperatif, Pendekatan TAI, Pendekatan NHT, Hasil Belajar, Fotosintesis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 14 Jun 2022 00:24
Last Modified: 14 Jun 2022 00:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5891

Actions (login required)

View Item View Item