Pengaruh Disiplin dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learing) Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018

LAMOREN, Agnes Uto (2018) Pengaruh Disiplin dan Kemampuan Penalaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learing) Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dan asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin dan kemampuan penalaran terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 207/2018. Pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) mengacu pada pendapat Margetson yang mengemukakan bahwa PBL membantu untuk meningkatkan perkembangan keterampilan belajar sepanjang hayat dalam pola pikir yang terbuka, reflektif, kritis. Masalah pokok dalam penelitian ini (1) Bagaimana efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana disiplin siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (4) Adakah hubungan disiplin dan kemampuan penalaran siswa dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? (5) Adakah pengaruh disiplin dan kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan utama penelitian ini (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui disiplin siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (4) Mengetahui ada tidaknya hubungan disiplin dan kemampuan penalaran siswa dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 (5) Mengetahui ada tidaknya pengaruh disiplin dan kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Dari analisis data diperoleh : (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) efektif pada materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 yang ditandai dengan rata-rata kemampuan guru 3,86, ketuntasan setiap indikator dan ketuntasan hasil belajar sebesar 85. (2) Disiplin siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 78,30% (3) Kemampuan penalaran siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori sangat baik dengan skor rata-rata kemampuan penalaran sebesar 670 (4) Ada hubungan antara disiplin dan kemampuan penalaran siswa dengan hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi ������ = 0,863 (5) Ada pengaruh antara disiplin dan kemampuan penalaran siswa terhadap hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) pada materi pokok larutan penyangga siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 5 Kupang tahun pelajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi ganda Ŷ= 42,665 + 0,351 ��+ 0,192 ��. Kata

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Disiplin,Kemampuan Penalaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar Materi Larutan Penyangga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 28 Oct 2019 02:43
Last Modified: 28 Oct 2019 02:43
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item