Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di Smpk St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/201

SERAN, Sebastianus Evensius (2018) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Materi Pokok Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Di Smpk St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/201. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)

Abstract

Data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT dan kelas yang tidak diberi perlakuan dengan nilai signikansi yaitu > 0,01. Data hasil belajar siswa juga bersifat homogen dengan nilai signikansi > 0,01.Rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif pendekatanNHT yaitu sebesar 42,72 meningkat sebesar 31,82 sehingga menjadi 74,54. Sedangkan siswa yang tidak diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT mengalami sedikit peningkatan dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT yaitu sebesar 29,09 dari 34,31 menjadi 63,40. Hasil uji t pairedsample t-test menunjukkan bahwa nilaithitung 13.218> ttabel 2.074 dengan taraf signifikan 0,05 untuk kelas yang mendapat perlakuan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT, maka hipotesis nihil (H0) yang menyatakan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ditolak, sehingga hipotesis penelitian (Ha) yang menyatakan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif pendekatan NHT terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pokok interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya diSMPK St. Agustinus Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, pembelajaran kooperatif, pendekatanNumbered Heads Together, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 04 Jul 2022 04:50
Last Modified: 04 Jul 2022 04:50
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item