Efektivitas Penerapan Model Pembelajan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

NGGIU, Selviana (2018) Efektivitas Penerapan Model Pembelajan Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di Sma Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB I. pdf.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitiannya adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data adalah melalui observasi dan tes, dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata pada saat posstest lebih tinggi jika dibandingkan dengan pretest (82,86% >55,71% ) dengan peningkatan sebesar 27,15% (tuntas), dengan ketuntasan klasikalnya yaitu 96,43% (tuntas). Ketuntasan indikatornya (Tk ≥ 75%) yaitu 0,83% (tuntas). Sensitivitas butir soal dan memiliki efek pembelajaran dengan rerata yaitu 0,27 > 0,30. Reliabilitas aktivitas siswa 99,93% > 75% (baik), sedangkan reliabilitas kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran adalah 97,98% (baik). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division efektif karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itu diharapkan kepada guru biologi untuk menerapkan tipe Student Teams Achievement Division pada materi lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:58
Last Modified: 20 Jun 2022 03:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item