Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learnig Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

NDIUK, Agrasela Florida (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learnig Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Di SMP Negeri 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi ditemukan beberapa masalah yaitu rendahnya hasil belajar IPA Terpadu peserta didik.Hal ini disebabkan olehbeberapa faktor yaitu 1) Rendahnya pemahaman konsep danminat belajar peserta didik, 2) kurangnyakonsentrasi peserta didik dalam mengikuti pelajaran,3)peserta didik kurang antusias dalam mengikuti pelajaran, sehingga guru merasa gagal dalam mencapai tujuan dari pembelajaran.Namun guru selalu berupaya dengan mencoba berbagai metode dan strategi belajar. Begitu banyak model pembelajaran inovatif yang dapat digunakan namun belum tentu sesuai dengan situasi dan kondisi di SMP NEGERI 12 Kupang khususnya pada kelas VIII. Hal ini membuat guru kesulitan dalam memilih model pembelajaran yang cocok sesuai dengan karakter peseta didik.Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui ‘Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar peserta didik Kelas VIII SMPN 12 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019”.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Peserta didik kelas VIII SMPN 12Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII Gsebagai kelas eksperimen sedangkan peserta didik kelas VIII Isebagai kelas kontrol. Teknikpengumpulandatadalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest dan analisis data secara deskripstif dan inferensial.Hasil penelitian menujukan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dari pada pembelajaran langsung. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai hasil posttespada kelas yang menerapkan model problem based learninglebih tinggi yaitu 82,67 dibandingkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran langsung yaitu 76,83. Berdasarkan hasil uji anacova menunjukan signifikannya 0,000 ≤ 0,005.Hal tersebut menunjukan bahwa hipotesis HO ditolak yaitu tidak ada pengaruh penerapan modelproblem based learningterhadap hasil belajar biologi peserta didik Pada materi Sistem Pencernaan Makana Pada Manusia kelas VIII di SMP Negeri 12 kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan hipotesis penelitian Haditerima, artinya ada pengaruh modelProblem Based Learningterhadap hasil belajar biologi pesrta didik kelas VIII pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 kupang tahun ajaran 2018/2019Kesimpulan dari penelitian inibahwa model problem based learningada pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII materi sistem pencernaan makanan pada manusia di SMP Negeri 12 kupang tahun ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Sitem Pencernaan Makanan Pada Manusia Hasil belajar peserta didik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:36
Last Modified: 28 Oct 2019 03:36
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item