Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Dan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Malaka

BEREK, Irenius Yasco (2020) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Dan E-KTP Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Malaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER PENDAHULUAN.pdf

Download (950kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (163kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran dan e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malaka. Ada pun perumusan masalah adalah Faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran dan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka. Ada 3 (Tiga) aspek yang dikaji dalam penelitan ini yaitu (1) Faktor Organisasi (2) Faktor Kepemimpinan (3) Faktor Kemampuan dan Ketrampilan. Metode penelitan yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penetuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang di kumpul secara langsung dari responden/informan atau yang di ambil langsung dan data sekunder data sekunder berupa dokumen-dokumen resmi. teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi serta dokumentasi serta teknik analisis data analisis kualitatif yang bersifat deskriptif karena lebih relevan dengan obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor Organisasi berupa Pembagian tugas dan kerja berdasarkan kemampuan masing-masing sub bidang sudah dibagi berdasarkan tupoksinya masing-masing dan Pedoman sebagai acuan pelaksanaan kerja adalah berdasarkan Peraturan Bupati malaka No. 72 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Malaka, Peraturan Bupati Malaka Nomor 3 Tahun 2013 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas-Dinas Daerah Kabupaten Malaka, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan Sebagaimana Telah Diubah Dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan. (2) Faktor Kemimpinan berupa Keterlibatan Pimpinan dalam memberikan dukungan terhadap peningkatan kualitas pelayanan Akta Kelahiran dan E-KTP di Dispenduk Kabupaten Malaka berupa Memberikan dukungan, motivasi, arahan, masukan dan pengawasan bagi bawahanya, sedangkan inovasinya yaitu program jemput bola serta Pengurusan Administrasi Kependudukan secara online Lewat SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan). (3) Faktor Kemampuan dan Ketrampilan berupa adanya program dan pelatihan dan pendidikan bagi pegawai di Dispenduk Kabupaten Malaka berupa berupa bimtek serta adanya program studi lanjutan yaitu S-1 ada 4 orang di Kampus Stisip Fajar Timur Kabupaten Malaka dengan mengacu pada Peraturan Bupati Malaka Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Tugas Belajar, Izin Belajar dan Beasiswa Utusan Daerah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa bahwa Faktor Organisasi, Faktor Kepemimpinan, serta Kemampuan dan Ketrampilan sudah berjalan dengan baik dan optimal sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan publik sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik dan Good Governance sehingga berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Akta Kelahiran dan e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malaka. Berdasarkan kesimpulan di atas maka disarankan bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Malaka agar dapat menambah lagi studi lanjutan bagi pegawai- pegawai baik S-1 Maupun S-2 sehingga dapat menciptakan SDM yang berkualitas demi meningkatkan Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Dan E-KTP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Kepemimpinan, Kemampuan dan Ketrampilan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Malaka
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:08
Last Modified: 25 Apr 2022 02:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5940

Actions (login required)

View Item View Item