Strategi Marketing Politik Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Kabupaten Kupang Dalam Memenangkan Pemilihan Legislatif 2019

SERAN, Widny Rolin (2020) Strategi Marketing Politik Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Kabupaten Kupang Dalam Memenangkan Pemilihan Legislatif 2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
COVER ROLIN PONAIN.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6 dan daftar pustka.pdf

Download (168kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: Strategi Marketing Politik Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Dalam Memenangkan Pemilihan Legislatif 2019 di Kabupaten Kupang. Ada pun perumusan masalah adalah bagaimana Strategi Marketing Politik Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Dalam Memenangkan Pemilihan Legislatif 2019 di Kabupaten Kupang. Ada 3 (Tiga) aspek yang dikaji dalam penelitan ini yaitu (1) Push Marketing (2) Pass Marketing (3) Pull Marketing. Metode penelitan yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Teknik penetuan informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling.jenis data yang digunakan adalah data primer yang di kumpul secara langsung dari responden/informan atau yang di ambil langsung dan data sekunder data sekunder berupa dokumen-dokumen resmi. teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terstruktur, observasi serta dokumentasi serta teknik analisis data analisis kualitatif yang bersifat deskriptif karena lebih relevan dengan obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Push Marketing seperti Pertemuan Terbatas yang dilakukan oleh Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Kabupaten Kupang tidak ada sama sekali tetapi lebih bersifat pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye dan alat peraga kampanye Dapil Kupang II, dan penggunaan media sosial seperti Facebook dan Penggunaan Tokoh Agama ,Masyarakat dan Pemuda serta Pertemuan Tatap Muka yang dilakukan Anggota Legislatif terpilih partau Golkar Kabupaten Kupang dilaksanakan didalam ruangan terbuka dan ditempat tinggal warga dengan meyakinkan pemilih dengan Visi, Misi Partai Golkar, Jargon Politik dan Tagline Kampanye serta pengimplementasian janji-janji terkait fungsi DPRD yaitu, Fungsi Legislasi, Fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan. (2) Pass Marketing seperti Penggunaan media massa/online (Facebook/whatsapp) oleh Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Kabupaten Kupang pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 sebagai media komunikasi politik antara calon legislative terpilih partai golkar dengan pemilih dalam mengkomunikasikan visi, misi, jargon politik dan tagline kampanye ,sarana untuk meminta dukungan dan alat mobilisasi dalam mempengaruhi pemilih, serta media yang murah dan jangkauan yang luas dalam mempromosikan calon legislative partai golkar di kabupaten kupang serta Penggunaan media cetak (koran/majalah) oleh Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Kabupaten Kupang pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 sebagai alat kampanye seperti Pos Kupang, Victory News, Timor Express tidak ada sama sekali karena harus mengeluarkan biaya yang tidak murah serta dampak yang dihasilkan juga tidak signifikan dalam mempengaruhi pilihan politik masyarakat karena kurangnya minat masyarakat dalam membaca ,mengakses, menjangkau dan berlangganan koran/majalah serta kondisi geografis yang tidak terjangkau oleh akses media cetak seperti Pos Kupang, Victory News dan Timor Express. (3) Pull Marketing seperti penggunaan tokoh agama sebagai influencer group oleh Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Kabupaten Kupang pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 tidak ada sama sekali, tetapi keberadaan Tokoh Agama seperti pastor dan pendeta dalam kapasitas sebagai pemimpin agama adalah memberikan ceramah atau khotbah tentang pemilu legislatif lewat mimbar gereja kepada masyarakat agar menggunakan pilihan politiknya berdasarkan pilihan rasional bukan berdasarkan politik seperti agama dan etnis, Mampu menggerakkan atau mengkoordinir masyarakat dalam pemilu legislatif agar masyarakat sadar akan pentingnya politik dan mengajak masyarakat agar tidak golput, selalu netral dan tidak menentukan calon mana yang harus dipilih serta memberikan kehendak bebas kepada masyarakat untuk memilih dan mengajak masyarakat untuk menghindari praktek money politik serta penggunaan tokoh masyarakat sebagai influencer group/pihak-pihak yang memiliki pengaruh di masyarakat oleh Anggota Legislatif Terpilih Partai Golkar Kabupaten Kupang pada Pemilihan Umum Legislatif 2019, meliputi tokoh pemuda khususnya kelompok perguruaan silat PSHT, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat/Elit Politik Lokal yang memiliki charisma, kedudukan dan pengaruh yang sangat luas dalam masyarakat sebagai team sukses dalam mempengaruhi pilihan politik masyarakat dan meningkatkan perolehan suara. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Penggunaan Pertemuan Terbatas, Penggunaan Media Cetak serta Penggunaan Tokoh Agama tidak terlalu efektif sedangkan Penggunaan Pertemuan Tatap Muka, Penggunaan Media Online dan Penggunaan Tokoh Masyarakat merupakan strategi marketing politik yang sangat efektif Memenangkan Pemilihan Legislatif 2019 di Kabupaten Kupang Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan Perlu adanya penguatan dan Pendidikan Politik yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kupang, Partai Politik dan Unsur Penyelenggara Pemilu yaitu KPU dan Pengawas Pemilu yaitu Bawaslu kepada pemilih agar menjadi pemilih yang rasional dalam menentukan pilihan politik serta Kepada partai politik mampu menyiapkan kader perempuan untuk menjadi pemimpin serta menyiapkan strategi untuk memenangkan pileg di tahun yang akan datang Kepada masyarakat agar mampu memilih pemimpin yang berintegritas yang mampu mengakoomodir seluruh aspirasi rakyat serta dapat menjadi pemimpin yang mementingkan kebutuhan orang banyak dibandingkan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Push, Pass, dan Pull Marketing, Golkar Kabupaten Kupang, Pemilihan Legislatif
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 25 Apr 2022 02:15
Last Modified: 25 Apr 2022 02:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5946

Actions (login required)

View Item View Item