Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Dua Suara Sejenis Pada Siswi Minat Paduan Suara Kelas VIIIA SMPN 10 Kupang Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Drill

HOKON, Maria Marselina Barek (2019) Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Dua Suara Sejenis Pada Siswi Minat Paduan Suara Kelas VIIIA SMPN 10 Kupang Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Melalui Metode Drill. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
skripsi cover.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)

Abstract

Peningkatan keterampilan bernyanyi dua suara sejenis pada siswa – siswi minat paduan suara Smp Negeri 10 Kupang ini, dapat dikatakan sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal bernyanyi serta membentuk kepribadian peserta didik terutama dari segi minat dan bakatnya.Masalah pokok dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi dua suara sejenis pada siswa – siswi minat paduan suara SMPN 10 Kupang sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan metode drill.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guna meningkatkan keterampilan bernyanyi dua suara sejenis pada siswa – siswi minat paduan suara SMPN 10 Kupang sebagai kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan metode drill. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan lapangan dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan bernyanyi dua suara sejenis pada siswa – siswi minat paduan suara SMPN 10 Kupang, dilakukan melalui tahap – tahap yaitu, tahap awal yang difokuskan pada pendekatan perekrutan anggota serta menentukan jadwal latihan. Tahap inti peneliti melaksanakannya dalam tujuh kali pertemuan, yang difokuskan pada latihan kemandirian siswa dengan mempelajari beberapa etude, perkenalan lagu model, perkenalan notasi pada masing – masing partai suara, penggabungan dua suara dalam membunyikan notasi, menyanyikan syair lagu pada masing – masing partai suara, penggabungan dua suara dalam menyanyikan syair dan latihan pengulangan. Tahap akhir peneliti melaksanakan proses latihan pemantapan dalam menyanyikan lagu Serumpun Padi dan pementasan hasil akhir. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam bernyanyi dua suara sejenis ditemukan banyak kesulitan yang dialami.Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara memberi latihan secara berulang – ulang kali dengan tempo diperlambat sampai pada tempo yang sesuai dengan lagu model sehingga siswa – siswi SMPN 10 Kupang dapat bernyanyi dua suara sejenis dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bernyanyi, Suara Sejenis, Lagu Model, Paduan Suara, dan Metode Drill.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:57
Last Modified: 28 Oct 2019 03:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item