Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Ipa Kelas Ix Smp Angkasa Penfui Kupang Dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016

DEWI, Silastiana Purnama Sari (2020) Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Ipa Kelas Ix Smp Angkasa Penfui Kupang Dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK_COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V ASTRI.pdf

Download (282kB)

Abstract

Rencana pelaksanaan pembelajaran adalah perangkat panduan rencana pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar. Setiap pendidik pada masing-masing tingkat satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan,menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.RPP disusun berdasarkan kompetensi dasar atau subtema yang dilaksanakan kali pertemuan atau lebih. Masalah dalam penelitian ini adalah banyak guru yang membuat RPP namun tidak semua RPP yang disusun guru sudah lengkap kesesuaiannya dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Alasan peneliti memilih judul karena belum ada peneliti yang secara khusus menganalisis kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun guru dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui sesuai tidaknya RPP yang disusun guru dengan RPP Permendikbud Nomor 22 tahun 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian deskriptif evaluatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan analisis kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran yang digunakan guru IPA kelas IX di SMP Angkasa Penfui Kupang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui lembar instrumen penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 yang akan di validitas oleh dosen pembimbing. Hasil penelitian kelengkapan rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai persentase sebesar 96% dengan Kriteria sangat sesuai dan kesesuaian isi rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai persentase sebesar 54% dengan kriteria sesuai. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun guru IPA kelas IX SMP Angkasa Penfui Kupang sudah sesuai dengan permendikbud Nomor 22 tahun 2016 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Permendikbud Nomor 22 tahun 2016, kesesuaian RPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 14 Jun 2022 01:01
Last Modified: 14 Jun 2022 01:01
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5981

Actions (login required)

View Item View Item