“Meningkatkan Keterampilan Teknik Permainan Gitar Akor Dasar Mayor Minor Dalam Lagu “Gugur Bunga” Menggunakan Metode Drill” Pada Siswa/I Smpn 10 Kupang”

MAU, Nartosius (2019) “Meningkatkan Keterampilan Teknik Permainan Gitar Akor Dasar Mayor Minor Dalam Lagu “Gugur Bunga” Menggunakan Metode Drill” Pada Siswa/I Smpn 10 Kupang”. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB 1.docx nart.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB II.docx nart.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.docx nart.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB IV.docx nart.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB V.docx nart.pdf

Download (162kB)

Abstract

Musik merupakan salah satu cabang seni yang memiliki makna dan nilai keindahan yang sangat mendalam .Musik juga tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia. Dalam hal ini, peneliti membahas lebih khusus mengenai permainan alat musik petik yaitu gitar. Gitar merupakan salah satu jenis alat musik modern yang sudah dikenal dan merupakan salah satu jenis alat musik terpopuler saat ini. Dalam penelitian ini, peneliti membatasi pokok permasalahan yaitu tentang bagaimana upaya meningkatkan keterampilan teknik permainan gitar akor dasar mayor minor dalam lagu “Gugur Bunga” menggunakan metode drill pada siswa SMPN 10 Kupang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam meningkatkan teknik permaina gitar akor dasar mayor minor dalam lagu gugur bunga menggunakan metode drill pada siswa/I SMPN 10 kupang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode study lapangan. Proses penelitian ini dilakasanakan dalam beberapa tahap, yaitu proses perekrutan siswa minat gitar, kemudian dilanjutkan dengan tahap pertemuan kedua yaitu tentang pengenalan materi sampai tahap akhir yaitu proses pementasan keseluruhan. Dalam poses permainan gitar ini terdapat kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa dalam hal tersebut dapat diatasi dengan metode drill sehingga siswa mampu memainkan akor-akor dasar mayor minor dalam lagu”Gugur Bunga” Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anggota pemain gitar ini telah menguasai dan memainkan akor-akor dasar dalam lagu “Gugur Bunga”dengan cukup baik sesuai yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anggota pemain mampu menguasai dan memainkan akor-akor dasar mayor minor pada lagu”Gugur Bunga” dengan cukup baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akor-akor dasar, Mayor dan Minor, Metode Drill
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 28 Oct 2019 05:39
Last Modified: 28 Oct 2019 05:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item