SEDA, Maria Clara I. W. N. (2018) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Non Aptitude Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Larutan Penyangga Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Siswa Kelas Xi Mia 2 Sma Negeri 1 Fatuleu Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (134kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (130kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir pada level yang kompleks, untuk melakukan analisis, menciptakan dan menggunakan kriteria secara obyektif, dan melakukan evaluasi data. Kreativitas non aptitude merupakan kemampuan yang berkaitan dengan proses berpikir untuk menciptakan ide, gagasan, atau sudut pandang tertentu untuk mengungkapkan sesuatu yang baru. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT), mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreativitas non aptitude siswa, mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kreativitas non aptitude dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar kimia, mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kemampuan berpikir kritis, kreativitas non aptitude serta pengaruh keduanya terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi pokok larutan penyangga Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Fatuleu tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Fatuleu berjumlah 29 orang. Jenis penelitian deskriptif dan asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif yakni a) Kemampuan guru dalam mengelola pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori baik dengan skor 3,78. b) Ketuntasan indikator hasil belajar meliputi keempat aspek : (KI-1) tuntas dengan nilai 0,91, (KI-2) tuntas dengan nilai 0,92 (KI-3) tuntas dengan nilai 0,83, (KI-4) tuntas dengan nilai 0.88. c) Ketuntasan hasil belajar meliputi : Ketuntasan hasil belajar KI-1 sebesar 94, KI-2 sebesar 88,4, KI-3 sebesar 84,5, KI-4 sebesar 88,11. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Fatuleu ajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori kemampuan berpikir kritis yang baik dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 80%. (3) Kreativitas non aptitude siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Fatuleu tahun ajaran 2017/2018 termasuk dalam kategori kreativitas non aptitude yang baik dengan rata-rata nilai yang diperoleh sebesar 81%. (4) a,b,c) Ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis, kreativitas non aptitude dan hubungan keduanya terhadap hasil belajar dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang ditunjukan dengan nilai korelasi sebesar 0,346, 0,446 dan 0,556. (5) a,b,c) Ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis, kreativitas non aptitude dan pengaruh keduanya terhadap hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada materi pokok larutan penyangga SMA Negeri 1 Fatuleu ajaran 2017/2018 dengan persamaan regresi bertutut-turut sebagai berikut: Ŷ= 22,85 + 0,76 , Ŷ= 35,353 + 0,612X, Ŷ= 8,806 + 0,471 � + 0,464 �. Dengan melihat bahwa kemampuan berpikir kritis dan kreativitas non aptitude siswa serta model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) ada hubungan dan pengaruh terhadap hasil belajar siswa maka perlu diperhatikan dengan baik bagaimana kemampuan berpikir kritis seorang siswa dan bagaimana seorang individu mampu membangun kreativitas non aptitude yang baik dalam dirinya dengan didukung model pembelajaran kooperatif tipe NHT sehingga hasil belajar yang dicapai bisa mencapai KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Kreativitas non aptitude, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Fil Lake Primus Sani |
Date Deposited: | 27 May 2022 04:29 |
Last Modified: | 27 May 2022 04:29 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6062 |
Actions (login required)
View Item |