Pengaruh Brand Awareness, Brand Knowledge, Brand Personality, Dan Brand Strength Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer Di Kota Kupang

MAX, Ricky Setiyawan Yohanes (2018) Pengaruh Brand Awareness, Brand Knowledge, Brand Personality, Dan Brand Strength Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (428kB)

Abstract

Semakin meningkatnya penggunaan laptop di Indonesia, semakin meningkatkan pula persaingan antar perusahaan yang berlomba untuk mengembangkan produknya, salah satunya laptop merek Acer. Laptop merek Acer merupakan merek yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa Fakultas Ekonomi Unwira, bahkan menjadi Tob Brand Index (TBI) kategoti teknologi informasi hingga saat ini, tetapi tingkat penjualan laptop merek Acer di Kota Kupang cenderung menurun. Semakin banyaknya merek laptop yang beredar dengan harga dan kualitas yang berbeda-beda membuat konsumen menjadi lebih selektif dalam membeli laptop.. Hal ini yang diduga menyebabkan penjualan Laptop Acer di Kota Kupang cenderung menurun. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran tentang brand awareness, brand knowledge, brand personality, brand strength dan keputusan pembelian laptop Acer? 2) Apakah brand awareness, brand knowledge, brand personality, brand strength secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop Acer? 3) Apakah brand awareness, brand knowledge, brand personality, brand strength secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop Acer? Penelitian dilakukan di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 110 responden, dengan menggunakan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan program SPSS statistic version 16. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel brand awareness 90,59%, variabel brand knowledge 90,64%, variabel brand personality 90,52%, variabel brand strength 90,10% dan variabel keputusan pembelian 90,45% dikategori sangat tinggi. Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,320X1 + 0,285X2 + 0,305X3+ 0,129X4. Hasil uji t menunjukkan variabel brand awareness, brand knowledge, brand personality, brand strength secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop Acer. Hasil uji F menunjukkan variabel brand awareness, brand knowledge, brand personality, brand strength secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian laptop Acer. Koefisien determinasi = 0,795 atau 79,50% keputusan pembelian merupakan kontribusi dari brand awareness, brand knowledge, brand personality, brand strength, sedangkan sisanya 20,50% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Perusahaan laptop Acer, agar memperhatikan kualitas, fitur dan spesifikasi, sehingga perusahaan mampu meningkatkan penjualannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: brand awareness, brand knowledge, brand personality, brand strength, keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Pd Rhysto Kila
Date Deposited: 23 May 2022 04:59
Last Modified: 23 May 2022 04:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6083

Actions (login required)

View Item View Item