Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Persamaan Reaksi Kimia Dan Konsep Mol Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

TANGGU, Sonisto Adinono (2018) Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Persamaan Reaksi Kimia Dan Konsep Mol Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas X IPA 2 SMAN 6 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Ketelitian merupakan ketepatan atau kecermatan dalam melakukan suatu pekerjaan. Motivasi intrinsik adalah dorongan atau keinginan yang tidak perlu disertai perangsang dari luar serta melakukan sesuatu untuk kepentingan sendiri karena hal tersebut memberikan kepuasan. Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan salah satu pembelajaran yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan isi akademik. Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan reaksi kimia dan konsep mol kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui ketelitian siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui motivasi intrinsik siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan : a) Ketelitian dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan reaksi kimia dan konsep mol kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. b) Motivasi intrinsik dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan reaksi kimia dan konsep mol kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. c) Ketelitian dan motivasi intrinsik dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan reaksi kimia dan konsep mol kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. (5) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh : a) Ketelitian dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan reaksi kimia dan konsep mol kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. b) Motivasi intrinsik dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan reaksi kimia dan konsep mol kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. c) Ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan reaksi kimia dan konsep mol kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X Kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 orang.Jenis penelitian ini adalah deskriptif - asosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan statistik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan program SPSS versi 16 dan secara manual. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) Pembelajaran dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif pada materi pokok Persamaan reaksi kimia dan konsep mol kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018. a) Guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok persamaan reaksi kimia dan konsep mol pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,86 termasuk dalam kategori baik. b) Ketuntasan Indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) meliputi : Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spiritual (KI-1) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata observasi dan angket sebesar 0.91 dan 0.89, Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata observasi dan angket sebesar 0,90 dan 0,85, Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 0,92, Ketuntasan indikator hasil belajar ketrampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata psikomotorik, presentasi, portofolio dan THB proses sebesar 0,91, 0,81, 0,92, dan 0,92. c) Ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) meliputi : Ketuntasan hasil belajar sikap spiritual (KI-1) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 90,37, Ketuntasan hasil belajar sikap sosial (KI-2) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 87,59, Ketuntasan hasil belajar pengetahuan (KI-3) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 87,04, Ketuntasan hasil belajar keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 87. (2) Ketelitian siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 0,78 dan nilai rata-rata TPA sebesar 669. (3) Motivasi Intrinsik siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 6 Kupang tahun ajaran 2017/2018 baik dengan presentase rata-rata motivasi intrinsik sebesar 75 %. (4) a) Ada Hubungan antara ketelitian dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan Reaksi Kimia dan Konsep Mol siswa kelas X IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018 dengan koefisien korelasi ���� = 0,605 dan nilai thitung > ttabel (4,229 > 2,042). b) Ada hubungan antara motivasi intrinsik dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan Reaksi Kimia dan Konsep Mol siswa kelas X IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018 dengan koefisien korelasi ���� = 0,56 dan nilai thitung > ttabel (3,81 > 2,042). c) Ada hubungan antara ketelitian dan motivasi intrinsik siswa dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan Reaksi Kimia dan Konsep Mol siswa kelas X IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018 dengan koefisien korelasi ������= 0,61 dan nilai Fhitung > Ftabel (9,09 > 3,32). (5) a) Ada pengaruh antara ketelitian dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan Reaksi Kimia dan Konsep Mol siswa kelas X IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 75,245085 + 0,1581766� dan nilai Fhitung > Ftabel (18,5 > 4,150). b) Ada pengaruh antara motivasi intrinsik dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan Reaksi Kimia dan Konsep Mol siswa kelas X IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018 dengan persamaan regresi sederhana Ŷ = 55,73 + 0,42� dan nilai Fhitung > Ftabel (14,43 > 4,150). c) Ada pengaruh antara ketelitian dan motivasi intrinsik siswa dengan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Persamaan Reaksi Kimia dan Konsep Mol siswa kelas X IPA 2 SMAN 6 Kupang tahun ajaran 2017/ 2018 dengan persamaan regresi ganda �� = 70,436 + 0,13 �� + 0,09 �� dan nilai Fhitung > Ftabel (9,042 > 3,320).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketelitian, Motivasi Intrinsik, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Siswa. Keterangan : * Mahasiswa Prodi Pendidikan Kimia UNWIRA Kupang
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:48
Last Modified: 29 Oct 2019 01:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item View Item