Akuntabilitas Pelayanan E-Ktp Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara

MONDA, Elisabeth (2021) Akuntabilitas Pelayanan E-Ktp Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (60kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ‘‘akuntabilitas pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara’’ dengan tujuan menggambarkan bagaimana pertanggungjawaban setiap proses pelayanan e-KTP di kabupaten Timor Tengah Utara dan apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelayanan pengurusan e-KTP. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melauli observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui dan memberi gambaran mengenai akuntabilitas dari proses pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara. Permasalahan yang ditemukan bahwa dalam proses pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara masih ditemukan masalah-masalah pelayanan itu sendiri yang diantaranya yaitu; masalah jaringan, kurangnya sarana dan prasarana dan minimnya kesadaran masayarakat tentang kepemilikan e-KTP itu sendiri sehingga permasalahan-permasalahan ini yang menjadi kajian teori dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Proses pelayanan perekaman sampai kepada percetakan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara sudah dipertangungjawabkan dengan baik serta sesuai dengan standar operasional prosedur yang berlaku. 2) Sumber Daya Manusia terkhusus para pegawai pelayanan perekaman maupun percetakan sudah cukup profesionalisme dalam mengoperasikan proses pelayanan e-KTP dari sistem yang sudah ada. 3) Masih banyak masyarakat Kabupaten TTU yang kurang mengetahui prosedur pelayanan e-KTP. 4) Faktor penghambat yang dihadapi oleh para pegawai dalam pemberian pelayanan yaitu masalah jaringan, kurangnya sarana dan prasarana pelayanan e-KTP. 5) Faktor pendukung penujang proses percepatan pelayanan pada Dispendukcapil yaitu salah satunya program pemerintah yang berupa bantuan covid dalam bentuk bantuan perumahan yang mewajibkan setiap orang yang menerima bantuan harus memiliki e-KTP. Saran yang ingin penulis sampaikan kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Utara yaitu harus menambah sarana dan prasarana dan personil perekaman dan percetakan agar lebih mengoptimalkan percepatan dalam proses perekaman maupun percetakan e-KTP, terlebih khusus untuk meningkatkan kepuasan masyarakat selaku penerima layanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Pelayanan E-KTP
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 23 May 2022 01:54
Last Modified: 23 May 2022 01:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item