Strategi Komunikasi Programa 2 LPP Radio Republik Indonesia Kupang Untuk Meningkatkan Minat Pendengar Remaja

NIRON, Sinthya B. O. (2021) Strategi Komunikasi Programa 2 LPP Radio Republik Indonesia Kupang Untuk Meningkatkan Minat Pendengar Remaja. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (989kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (700kB)

Abstract

Programa 2 adalah bagian dari RRI dengan konten musik dan hiburan yang lebih kaya dan menjangkau kaum muda. RRI programa 2 juga menyuguhkan informasi dan program lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi programa 2 LPP Radio Republik Indonesia Kupang untuk meningkatkan minat pendengar remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi programa 2 LPP Radio Republik Indonesia Kupang untuk meningkatkan minat pendengar remaja. Kerangka konsep dalam penelitian ini yakni komunikasi, unsur-unsur komunikasi, fungsi-fungsi komunikasi, komunikasi massa, strategi komunikasi, teknik strategi komunikasi, radio, keunggulan radio, kelemahan radio, Radio Republik Indonesia, remaja, minat dengar dan pendengar atau audiens. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, verifikasi data, penyajian data dengan metode penelitian studi kasus. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, strategi komunikasi dalam siaran programa 2 menggunakan tiga strategi komunikasi yaitu informatif, persuasif dan edukatif. Pada informatif yakni programa 2 menyampaikan informasi yang terupdate, teraktual dimana setiap informasi yang disampaikan adalah informasi yang positif. Pada persuasif yakni programa 2 menyampaikan informasi yang bersifat bujukan secara halus. Pada edukatif yakni siaran yang diberikan oleh programa 2 adalah siaran yang mengandung didikan dimana programa 2 mendidik remaja dengan siaran-siaran yang programa 2 siarkan, Kesimpulan pada penelitian ini yakni untuk meningkatkan minat pendengar programa 2 melakukan siaran yang tertuju kepada kaum remaja dimana siaran-siaran yang disampaikan bersifat informatif, persuasif dan edukatif dan programa 2 juga menyiarkan lagu-lagu hits kepada pendengar untuk bisa dinikmati oleh para pendengar remaja. Saran dalam penelitian ini diharapkan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia Kupang perlu menambahkan lagi siaran-siaran yang menarik perhatian remaja sehingga membuat remaja lebih tertarik untuk mendengarkan programa 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Programa 2 LPP Radio Republik Indonesia Kupang, Minat Pendengar Remaja.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 15 May 2022 02:47
Last Modified: 15 May 2022 02:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6135

Actions (login required)

View Item View Item