Pendekatan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Pemain Game Online Free Fire (Studi Kasus Mahasiswa Pemain Game Online Free Fire Pada Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 Unwira)

POUS, Vincentio Paulo (2021) Pendekatan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Pemain Game Online Free Fire (Studi Kasus Mahasiswa Pemain Game Online Free Fire Pada Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 Unwira). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
file abstrak.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (167kB)

Abstract

Garena Free Fire atau Free Fire (biasanya disingkat FF) adalah sebuah game Android dan iOS yang dikembangkan oleh 111 Dots Studio dan diterbitkan oleh Garena. Free Fire adalah game perang battle royale dan TPS (Third Person Shooting) dengan 50 pemain berkumpul di peta besar dan setiap pemain harus saling membunuh untuk menjadi pemenang dalam sebuah pertempuran perang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Bentuk Pendekatan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dalam Bermain Game Online Free Fire. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana bentuk pendekatan komunikasi interpersonal mahasiswa dalam bermain game online free fire. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, verifikasi data dan penyajian data dengan metode penelitian studi kasus. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, mahasiswa pemain game online Free fire menggunakan 4 bentuk pendekatan yaitu informatif, Dialogis, Persuasif dan Instruktif. Pada Informatif yakni Mahasiswa pemain game online free fire menyampaikan informasi mengenai fakta-fakta yang sesungguhnya dan yang sebenarnya dimana setiap informasi yang disampaikan adalah informasi yang bermanfaat bagi tim ataupun mereka dalam sebuah tim. Pada Dialogis yakni dialog atau percakapan tim yang dimana mereka mengeluarkan kata-kata yang tidak sopan ataupun sopan, kata-kata baku maupun non-baku tetapi mempunyai manfaat agar bisa menyusun strategi untuk bisa memenangkan pertandingan. Pada Persuasif yakni cara membujuk/mengajak para pemain game online free fire untuk looting pada lokasi ini karena mereka bisa menemukan banyaknya senjata dan perlengkapan saat mereka bermain game online free fire, mereka juga mengajak untuk war(perang) diberbagai tempat sehingga bisa memusnahkan musuh-musuh mereka dan bisa memenangkan pertempuran tersebut. Pada Instruktif yakni seseorang yang memimpin tim atau disebut Shot Caller. Guna dari seorang instruktur atau Shot Caller dalam bermain game online free fire ialah mengambil alih atau kontrol tim dalam melawan musuh. Serta berani mengambil resiko dalam menghadapi musuh karena pemain lain masih di lokasi aman tapi shot caller sudah di lokasi musuh berada. shot caller memberitahu pemain lain agar war di lokasi musug berada, dan juga mengajari pemain lain agar untuk tetap berjaga-jaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pendekatan, Komunikasi Interpersinal, Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2017 UNWIRA, Game Online Free Fire.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 19 May 2022 04:33
Last Modified: 19 May 2022 04:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6148

Actions (login required)

View Item View Item