Upaya Meningkatkan Kualitas Teknik Vokal Phrasering Dalam Bernyanyi Unisono Pada Lagu Mengheningkan Cipta Kepada Siswi Smp Negeri 20 Kupang Kelas Vii Dengan Menggunakan Metode Drill

SERAFIN, Yuliana Avuriani (2019) Upaya Meningkatkan Kualitas Teknik Vokal Phrasering Dalam Bernyanyi Unisono Pada Lagu Mengheningkan Cipta Kepada Siswi Smp Negeri 20 Kupang Kelas Vii Dengan Menggunakan Metode Drill. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB VPENUTUP.pdf

Download (156kB)

Abstract

Bernyanyi Unisono merupakan bernyanyi secara bersama-sama dengan menggunakan satu suara. Dalam bernyanyi unisono hal-hal yang harus dipelajari adalah teknik pernapasan dan teknik vokal. Dalam penulisan ini, peneliti membatasi pokok permasalahan yang diteliti dan dibahas yaitu tentang pembelajaran teknik vokal tentang phrasering. Yang utama dalam penulisan ini adalah bagaimana upaya meningkatkan teknik vokal phrasering pada siswi SMPN 20 KUPANG dengan Lagu”Mengheningkan Cipta”. Adapun tujuan dari penulisan ini yaitu agar dapat mengukur efektifitas metode drill dalam memperkenalkan teknik vokal phrasering bernyanyi unisono.Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode penelitian tindakan lapangan. Proses latihan yang dilakukan beberapa tahap, yang mana di mulai dari proses prekrutan siswi minat vokal didapat 10 orang, kemudian dilanjutkan dengan tahap pertemuan kedua yaitu tentang pengenalan materi sampai tahap akhir yaitu proses pementasan keseluruhan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa selama penelitian berlangsung, didapatkan pengeluhan dari beberapa anggota, ada anggota yang sudah mahir menyanyikan lagu”Mengheningkan Cipta” dengan menggunakan teknik phrasering yang sudah ditentukan, dan masih ada beberapa orang yang belum mahir menyanyikan kalimat lagu tersebut sesuai dengan teknik phrasering dalam lagu “Mengheningkan Cipta” tetapi semuanya dapat teratasi dengan baik oleh peneliti. Semua tahap latihan dilakukan dengan cara mengulang-ulang sampai semua anggota penyanyi unisono dapat memahami dan menghafal cara menyanyikan kalimat lagu”Mengheningkan Cipta” menggunakan teknik phrasering dengan baik. Hasil analisis data menunjukan bahwa anggota penyanyi Unisono mampu menguasai dan mampu mnyanyikan keseluruhan teknik vokal phrasering lagu”Mengheningkan Cipta” dengan cukup baik sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bernyanyi, unisono, teknik vokal, phrasering, metode drill
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:16
Last Modified: 29 Oct 2019 03:16
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item