KEFI, Desi Natalia (2021) Strategi Pemerintah Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kantor Desa Nilulat Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten Timor Tengah Utara). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
FILE ABSTRAK DESY NK.pdf Download (859kB) |
|
Text
2 BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text
3 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
|
Text
4 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
Text
5 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
6 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
Text
7 BAB VI & DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
Abstract
Dalam penulisan skripsi ini, penulis meneliti Strategi Pemerintah Desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Desa Nilulat. Alasan yang mendasari penulis melakukan penelitian ini karena penulis melihat fenomena tentang pengabaian kualitas layanan administrasi kependudukan. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama, bagaimana kondisi pelayanan administrasi kependudukan. Yang kedua, bagaimana upaya pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Yang ketiga apa sajakah faktor pendukung dan faktor penghambat dalam upaya pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara purposive sampling dimana melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di desa Nilulat, adalah : melalui mengidentifikasi misi layanan, mengelola harapan masyarakat, mendidik masyarakat tentang pelayanan, mengembangkan budaya kualitas, serta menindaklanjuti pelayanan. Selanjutnya faktor pendukung dari strategi pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan adalah profesionalitas kerja aparat desa, kekompakan antar anggota pemerintah dan, kelengkapan alat pelayanan di kantor desa. Selanjutnya faktor penghambat dari strategi pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukn meliputi honor dan kondisi kerja aparat desa. Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada pemerintah desa dalam melaksanakan tugas sebagai pelayan publik agar tetap menjaga profesionalitas kerja untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat dan dengan adanya beberapa kendala dalam melayani masyarakat, diharapkan pemerintah Desa dapat menghadapinya dan mencari jalan keluar agar bisa menjawab tantangan dari masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian tentang strategi pemerintah desa untuk meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Desa Nilulat Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten Timor Tengah Utara, adalah Strategi untuk meningkatkan Kualitas pelayanan administrasi kependudukan di desa Nilulat dapat dikategorikan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari jawaban responden bahwa pemerintah desa Nilulat sangat memperhatikan masyarakatnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemerintah Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc J Political Science > JS Local government Municipal government |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Antonia M. Ngole |
Date Deposited: | 18 May 2022 05:27 |
Last Modified: | 18 May 2022 05:27 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6236 |
Actions (login required)
View Item |