Pengelolaan Kearsipan Surat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi Di Kantor Lurah Fatululi Kecamatan Oebobo Kota Kupang

ARIASTUTI, Ni Putu Ayu (2021) Pengelolaan Kearsipan Surat Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Informasi Di Kantor Lurah Fatululi Kecamatan Oebobo Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] Text
BAB VI & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)

Abstract

Salah satu sumber informasi penting yang dapat menunjang proses kegiatan administrasi maupun birokrasi adalah Arsip (record), sebagai rekaman informasi dari seluruh aktifitas organisasi, arsip berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksistensi organisasi dan untuk kepentingan organisasi yang lain. Berdaarkan fungsi arsip yang sangat penting tersebut maka harus ada manajemen atau pengelolaan arsip yang baik dan benar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengelolaan kearsipan pada Kantor Lurah Fatululi dan hambatan-hambatan apa saja dalam proses pengelolaan kearsipan pada Kantor Lurah Fatululi. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui pengelolaan kearsipan pada Kantor Lurah Fatululi dan untuk mengetahui hambatan- hambatan dalam pengelolaan kearsipan pada Kantor Lurah Fatululi yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Lurah dan Pegawai Tata Usaha sebanyak 3 orang, sedangkan dalam penelitian ini peneliti menggunakan sumber data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode yang peneliti gunakan untuk penelitian ini melakukan pendekatan secara deskriptif kualitatif berdasarkan hasi observasi dan wawancara. Setelah dilakukan analisis, hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan kearsipan pada Kantor Lurah Fatululi pada dasarnya sudah dikatakan cukup baik yaitu sesuai dengan pedoman dan prosedur yang telah ditetapkan, meskipunmasih terdapat beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut adalah kurangnya tenaga arsip untuk mengelola arsip dan arsiparis yang merangkap pekerjaan dinas lainnya serta pendidikan arsiparis yang tamatan SMA dan tidak memiliki pendidikan tentang kearsipan, fasilitas penunjang dibidang kearsipan tidak begitu memadai, peminjaman arsip yang tidak melalui prosedur, serta banyaknya arsip ditumpuk didalam lemari yang seharusnya arsip tersebut tidak memiliki nilai guna lagi dilakukan penyusutan. Perubahan yang dilakukan terhadap efisiensi kerja pegawai tidak bisa dilaksanakan dengan baik karena minimnya pegetahuan, ketrampilan dibidang kearsipan sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk peyesuaian diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 18 May 2022 05:20
Last Modified: 18 May 2022 05:20
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6239

Actions (login required)

View Item View Item