Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Dealer Nusantara Surya Sakti Kota Kupang

HOAR, Maria Efiana (2021) Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Dealer Nusantara Surya Sakti Kota Kupang. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (849kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)

Abstract

Data menunjukkan tingginya persaingan penjualan baik antar dealer penjualan maupun antar merek motor serta adanya penurunan angka penjualan motor honda scoopy yang signifikan pada lima tahun terakhir mengindikasikan adanya sumber daya perusahaan yang belum dioptimalkan diantaranya iklan, citra merek, dan minat beli. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran persepsi konsumen tentang gambaran iklan, citra merek, minat beli dan keputusan pembelian, mengetahui signifikan pengaruh iklan terhadap minat beli dan keputusan pembelian, mengetahui signifikan pengaruh citra merek terhadap minat beli dan keputusan pembelian, mengetahui signifikan pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian, serta mengetahui pengaruh iklan dan citra merek secara simultan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pelanggan yang melakukan pembelian sepeda motor Honda Scoopy di dealer Nusantara Surya Sakti Kota Kupang, sedangkan sampelnya berjumlah 108 orang konsumen. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Tahapan analisis data diawali dengan merancang outer model, merancang inner model, membangun diagram jalur, menjabarkan diagram ke dalam persamaan matematis, estimasi, dan evaluasi model. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa persepsi konsumen tentang iklan, citra merek, minat beli dan keputusan pembelian sepeda motor honda scoopy pada Dealer Motor Honda NSS Kupang adalah sangat baik yakni 84.78 untuk X1, 86.48 untuk X2, 85.99 untuk X3 dan 85.62 untuk Y. Iklan berpengaruh signifikan terhadap minat beli namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dari nilai T-Statistik X1 terhadap X3 yakni sebesar 5.157 atau > 1.96, dan X1 terhadap Y 0.935 atau < 1.96. Citra Merek berpengaruh signifikan baik terhadap minat beli maupun keputusan pembelian yang dibuktikan dari nilai tStatistik X2 terhadap X3 yakni sebesar 3.978 atau > 1.96, dan X2 terhadap Y 2.108 atau > 1.96. Minat beli berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dimana nilai t-Statistik variabel X3 terhadap Y adalah sebesar 3.497 di mana Rules of thumb yang digunakan pada penelitian ini adalah t-statistik > 1,96 dengan tingkat signifikansi p-value 0,05 (5%). Selain itu, secara simultan X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhadap Y melalui X3. Pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 75.30%, sedangkan terhadap X3 yakni sebesar 70.40%. Dari kesimpulan di atas, diharapkan agar manajemen NSS Kupang memperhatikan model iklan yang digunakan manajemen perusahaan, memberikan pencerahan kepada calon konsumen terkait kualitas motor honda yang dipasarkan, hadir di tengah masyarakat dan menyosialisasikan varian produk motor honda yang dipasarkan, dan memperhatikan moment atau waktu penjualan produk mengingat umumnya masyarakat kurang memperhatikan waktu pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Iklan, Citra Merek, Minat Beli
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 11 May 2022 05:11
Last Modified: 11 May 2022 05:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6289

Actions (login required)

View Item View Item