Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Koloid Di Kelas X1 Ipa2 Smak Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2020/2021

SERAN, Julita (2021) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Pokok Koloid Di Kelas X1 Ipa2 Smak Sint Carolus Kupang Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (432kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (37kB)

Abstract

Berpikir kritis adalah pemikiran secara mendalam dan teliti terhadap keyakinan atau bentuk pengetahuan atau informasi dengan memberikan interpretasi dan evaluasi yang terampil. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Masalah utama dalam penelitian adalah 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis peserta didik? 2) Adakah hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada materi pokok koloid di kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2020/2021? 3) Adakah pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada materi pokok koloid di kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis peserta didik. 2) Untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada materi pokok koloid di kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2020/2021. 3) Untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada materi pokok koloid di kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang yang berjumlah 27 orang. Jenis penelitian deskriptif asosiatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) kemampuan berpikir kritis peserta didik baik dengan nilai presentase sebesar 77,62% dan berada pada kriteria kritis. 2) Ada hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada materi pokok koloid di kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai korelasi yang diperoleh rxy = 0,585. 3) Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada materi pokok koloid di kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai yang diperoleh dari persamaan regresi Y = 63,434 + 0,212X. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh kemampuan berpikir kritis peserta didik terhadap hasil belajar pada materi pokok koloid di kelas XI IPA 2 SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Koloid.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 28 Apr 2022 03:24
Last Modified: 28 Apr 2022 03:24
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item