ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 KUPANG

MAI, Ermenildas Ertin (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 KELAS VIII DI SMP NEGERI 20 KUPANG. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)

Abstract

Pandemi covid-19 yang telah melanda berbagai negara di dunia termasuk Indonesia membawa dampak yang cukup besar pada berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Akibatnya proses belajar mengajar harus dijalankan secara daring (dalam jaringan) dari rumah masing-masing demi meminimalisir penyebaran covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Pembelajaran IPA secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas VIII di SMP Negeri 20 Kupang. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMP Negeri 20 Kupang, pada tanggal 16 juni 2021 - 29 juni 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru IPA dan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 Kupang dan sampelnya adalah guru IPA kelas VIII dan peserta didik kelas VIII A yang berjumlah 30 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara dan dokumentasi bersama guru IPA kelas VIII dan peserta didik kelas VIII A. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA di SMP Negeri 20 Kupang tepatnya di kelas VIIIA sudah terlaksana cukup baik. Guru dan peserta didik telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelakasanaan pembelajaran guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran dan sudah melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, bahan ajar, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran secara daring sudah terlaksanan cukup baik, berdasarkan wawancara bersama guru dan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 20 kupang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, pembelajaran daring, pembelajaran IPA, pandemi covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 29 Apr 2022 02:33
Last Modified: 29 Apr 2022 02:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6359

Actions (login required)

View Item View Item