Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun

TAE, Sarlince Fatima (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Suasana Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (807kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)

Abstract

Fakta bahwa data yang diperoleh dari pihak Manajemen RSU PP Betun menunjukkan kunjungan pasien rawat inap pada RSU PP Betun dari tahun ke tahun cenderung menurun. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Rumah Sakit memiliki persoalan terkait Kualitas Pelayanan dan Suasana Rumah Sakit. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui: pertama, tanggapan pasien mengenai kualitas pelayanan, suasana, kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Penyangga Perbatasan Betun. Kedua, signifikansi pengaruh kualitas pelayanan, suasana rumah rumah sakit secara parsial terhadap kepuasan pasien dan yang ketiga signifikansi pengaruh kualitas pelayanan, suasana rumah rumah sakit secara simultan terhadap kepuasan pasien Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Tahapan analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas dan dilanjutkan dengan analisis deskriptif serta analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis statistik hingga penentuan nilai koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi uji statistik secara parsial (uji t) 0.000 lebih kecil dari tingkat alfa yaitu 0.05. Selain itu, Suasana disimpulkan juga berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi uji t pada Suasana yakni sebesar 0.064 lebih besar dari tingkat alfa. Secara simultan variabel bebas diketahui berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat dengan bukti nilai signifikansi hasil uji simultan (uji F) yakni sebesar 0.000 atau lebih kecil dari tingkat alfa 0.05. Hasil analisis uji F ini juga mendapati besaran pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yakni sebesar 57.5%, sedangkan 42.6% lainnya dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini. Saran bagi manajemen Rumah Sakit Penyangga Perbatasan Betun untuk menerapkan digitalisasi sistem pelayanan yang dapat mempermudah pasien dalam memproses dan mengakses pelayanan Rumah Sakit serta merekrut tenaga pelayanan administrasi yang handal agar dapat meningkatkan pelayanan non medis (administrasi). Selain itu, pihak manajemen dengan dukungan Pemerintah Daerah juga perlu membangun fasilitas ruang tambahan yang dinilai oleh masyarakat sangat penting namun belum mencukupi kebutuhan pasien agar ketersediaan ruangan untuk pasien dapat tercukupi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Suasana, Kepuasan Pasien Rawat Inap
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 10 May 2022 02:08
Last Modified: 10 May 2022 02:08
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6369

Actions (login required)

View Item View Item