Pengaruh Online Customer Review, Ekspetasi Konsumen Dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Shopee Studi Kasus Pelanggan Anggota Asrama Putri Yosepha Merdeka Kota Kupang

DEMANG, Apriliani Rosminda (2021) Pengaruh Online Customer Review, Ekspetasi Konsumen Dan Iklan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Marketplace Shopee Studi Kasus Pelanggan Anggota Asrama Putri Yosepha Merdeka Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (331kB)

Abstract

Marketplace shopee merupakan salah satu situs jual beli secara online yang menjual berbagai merek produk apa saja yang ada di Kota Kupang. Marketplace shopee banyak digunakan oleh para konsumen terkhususnya kaum hawa yang ingin memakai produk kekinian. Akan tetapi dari segi pembelian di marketplace shopee pada Anggota Asrama Putri Yosepha Per Bulan mulai dari Bulan Januari sampai pada Bulan Mei pada tahun 2021 mengalami fluktuasi. Masalah dalam penelitian ini 1). Bagaimana gambaran online customer review, ekspetasi konsumen, iklan dan minat beli ulang marketplace shopee pada pelanggan Asrama Putri Yosepha Merdeka Kupang? 2). Apakah online customer review, ekspetasi konsumen, dan iklan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang marketplace shopee pada pelanggan Asrama Putri Yosepha Merdeka Kupang? 3). Apakah online customer review, ekspetasi konsumen dan iklan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang marketplace shopee pada Anggota Asrama Putri Yosepha Merdeka Kupang? Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan Asrama Putri Yosepha Merdeka Kupang yang berbelanja pada marketplace shopee, sampel sebanyak 55 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan kemudian diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Hasil analisis Deskriptif diperoleh jawaban responden terhadap variabel online customer review sebesar 69% dengan kategori cukup baik, variabel ekspetasi konsumen sebesar 71,33% dengan kategori baik dan variabel iklan sebesar 74% dengan kategori baik dan variabel minat beli ulang sebesar 76,5% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y = 0,009 X1 + 0,847 X2 + 0,007 X3. Hasil uji t menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli ulang, ekspetasi konsumen berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang, iklan berpengaruh tidak signifikan terhadap minat beli ulang. Hasil dari koefisien determinasi (R ) = 84,5% dipengaruhi oleh variabel minat beli ulang yang merupakan kontribusi dari variabel online customer review, ekspetasi konsumen dan iklan, sedangkan yang lainnya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut disarankan untuk meningkatkan minat beli ulang, maka marketplace shopee perlu lebih memperhatikan online customer review agar ulasan dari calon pembeli tidak melihat review yang jelek akan tetapi review yang ditampilkan selalu menarik perhatian pelanggan dari marketplace shopee ekspetasi konsumen juga perlu lebih diperhatikan agar harapan dan keinginan dari pelanggan yang berbelanja pada marketplace shopee tidak kecewa dengan produk yang sudah mereka beli pada marketplace shopee maka itu pelanggan selalu melihat kembali pada produk yang ditampilkan shopee harus sesuai dengan keinginan pelanggan iklan lebih menambah frekuensi penayangan sehingga pelanggan marketplace shopee lebih menghayal terhadap produk-produk yang dijual pada marketplace shopee dengan meningkatkan ekspetasi dari seorang konsumen terhadap produk yang akan dibelinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Online Customer Review, Ekspetasi Konsumen, iklan dan Minat beli ulang
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 10 May 2022 00:38
Last Modified: 10 May 2022 00:38
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6381

Actions (login required)

View Item View Item