Meningkatkan Keterampilan Bermain Alat Musik Pianika Dalam Ansambel Sejenis Dengan Lagu Model Bendera Kita Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Minat Musik SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun 2017

JALI, Bernadethe Sariyati (2017) Meningkatkan Keterampilan Bermain Alat Musik Pianika Dalam Ansambel Sejenis Dengan Lagu Model Bendera Kita Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Minat Musik SMP Negeri 5 Kota Kupang Tahun 2017. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
cover, hlman pertjuan, kata pengantr, dll.pdf

Download (582kB)
[img] Text
. BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (109kB)

Abstract

Realita yang terjadi di SMP Negeri 5 Kota Kupang dalam proses memainkan ansambel selama ini kurang memperhatikan balance atau keseimbangan bunyi pada saat bermain sehingga salah satu instrumen musik bunyinya lebih besar dari instrumen musik yang lainya dan belum kompak saat memulai dan mengakhiri permainan musik ansambel. Kondisi yang demikian apabila terus dibiarkan maka akan menimbulkan permasalahan dan berdampak pada buruknya kualitas pembelajaran seni musik terlebih musik ansambel di SMPN 5 Kota Kupang, khususnya siswa minat musik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika dalam ansambel sejenis dengan lagu model bendera kita melalui metode tutor sebaya pada siswa minat musik SMP Negeri 5 kota kupang tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya untuk meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika dalam ansambel sejenis dengan lagu model bendera kita melalui metode tutor sebaya pada siswa minat musik SMP Negeri 5 kota kupang tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan upaya meningkatkan keterampilan bermain alat musik pianika dalam ansambel sejenis dengan lagu model bendera kita melalui metode tutor sebaya dilaksanakan enam kali pertemuan dengan hasil belajar yang cukup efektif karena peneliti menerapkan metode pembelajaran tutor sebaya. Tutor sebaya berarti siswa mengajar siswa lainnya atau yang berperan sebagai pengajar (tutor) adalah siswa. Metode pembelajaran tutor sebaya sangat efektif karena hubungan antara teman lebih dekat dibandingkan dengan guru maupun bahasa yang digunakanpun lebih sederhana. Dalam proses penelitian ini siswa yang menjadi tutor melatih temanya yang kurang mampu dan peneliti sebagai pembimbing mengarahkan siswa agar memperhatikan ketepatan tempo dan keseimbangan bunyi hingga pada akhirnya siswa dapat mementaskan hasil belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam proses meningkatkan keterampilan bermain pianika dilaksanakan secara bertahap oleh masing-masing kelompok dengan menggunakan metode tutor sebaya, dapat mengatasi masalah yang dihadapi siswa dan memperoleh hasil pembelajaran yang cukup efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ansambel,Metode Tutor Sebaya,Lagu Model,Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 30 Oct 2019 02:59
Last Modified: 30 Oct 2019 02:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/639

Actions (login required)

View Item View Item