Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

BAUR, Amatus (2013) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Materi Pokok Pesawat Sederhana Pada Peserta Didik Kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)

Abstract

Model Pembelajaran Langsung merupakan salah satu model mengajar yang dapat membantu peserta didik mempelajari keterampilan dasar dalam memperoleh informasi yang diajarkan selangkah demi selangkah. Model Pembelajaran Langsung diciptakan khusus untuk mempermudah peserta didik mempelajari pengetahuan deklaratif dan prosedural yang direncanakan dengan baik. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam pembelajaran materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui Kupang? Secara terperinci permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 2) Bagaimana ketuntasan Indikator Hasil Belajar(IHB) peserta didik dalam pembelajaran materi pokok Pesawat Sederhana dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung? Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan Model Pembelajaran Langsung materi pokok Pesawat Sederhana pada peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014. Secara terperinci tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 2) Mendeskripsikan Ketuntasan Indikator Hasil Belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 3) Mendeskrispsikan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung. 4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapakan Model Pembelajaran Langsung. Jenis penelitian adalah deskriptif dan subyek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 28 orang. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung materi pokok Pesawat Sederhana, tes hasil belajar (produk, afektif dan psikomotor) dan lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis hasil penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif meliputi perhitungan skor ratarata, persentase, dan proporsi. Berdasarkan Hasil analisis statistic deskriptif, data penelitian bahwa secara umum penerapan model pembelajaran langsung adalah baik untuk materi pokok pesawat sedehana pada peserta didik kelas VIIIA SMP Angkasa Penfui Kupang yang berjumlah 28 peserta didik. 1) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Langsung yang mencakup: perencanaan perangkat pembelajaran, perencanaan evaluasi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran adalah dengan kategori baik. 2) Indikator hasil belajar (produk, afektif dan psikomotor)yang disiapkan dengan kategori baik. 3) Hasil belajar peserta didik (produk, afektif dan psikomotor) tuntas dengan kategori baik. 4) Respon peserta didik terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang meliputi lima aspek yakni: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, pengelolaan waktu dan suasana kelas dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 09 May 2022 04:30
Last Modified: 09 May 2022 04:30
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6394

Actions (login required)

View Item View Item