Upaya Memperkenalkan Teknik Menghasilkan Bunyi Musik Beatbox Menggunakan Metode Kooperatif Dengan Lagu Model Apuse Pada Mahasiswa Semester VII Minat Musik Beatbox Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

KOLI, Valerianus (2017) Upaya Memperkenalkan Teknik Menghasilkan Bunyi Musik Beatbox Menggunakan Metode Kooperatif Dengan Lagu Model Apuse Pada Mahasiswa Semester VII Minat Musik Beatbox Program Studi Pendidikan Sendratasik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Cover, hal. perst, pengesahan, moto, persembahan, kata peng,abstrak dan daftar isi.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (627kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V OK.pdf

Download (272kB)

Abstract

Dalam Pendidikan Musik di Program Studi Sendratasik ada salasatu mata kuliah Vokal Grup yang mana didalam mata kuliah tersebut mereka juga mempelajari musik acapella. Pada pembelajaran musik acapella ini mahasiswa ada yang menyanyikan lagu pokok dan yang lainya membunyikan suara-suara lain dengan meniru bunyi alat musik. Dalam pembelajaran vokal grup yang lebih diketahui mahasiswa selama ini adalah musik acapella sedangkan musik Beatbox masih jarang diketahui oleh mahasiswa Sendratasik, Oleh karenanya Penulis tertarik untuk memperkenalkan musik Beatbox pada Mahasiswa Program Studi Sendratasik. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya memperkenalkan musik Beatbox menggunakan metode kooperatif dengan lagu model Apuse pada Mahasiswa semester VII minat musik Beatbox Program Studi Sendratasik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang upaya memperkenalkan musik beatbox menggunakan metode kooperatif dengan lagu model Apuse pada mahasiswa semester VII minat musik Beatbox Program Studi Sendratasik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan upaya memperkenalkan musik Beatbox menggunakan metode kooperatif dengan lagu model Apuse dalam enam pertemuan sebagai proses pembelajaran dan pertemuan ketujuh sebagai hasil dari penelitian. Pada proses pembelajaran dengan model kooperatif ini, peneliti menyampaikan tujuan dan mempersiapkan mahasiswa pada awal pertemuan. Berikutnya mahasiswa mendengarkan penjelasan dan demonstrasi materi Beatbox dari peneliti, mengorganisir mahasiswa kedalam kelompok belajar yang terdiri dari tujuh orang, peneliti membantu mahasiswa jika menemukan kesulitan dalam belajar Beatbox, melakukan evaluasi pembelajaran yakni mahasiswa mempresentasikan hasil kerja kelompok dan peneliti memberikan masukan, penghargaan serta motivasi. Pada akhir penelitian ini mahasiswa mementaskan permainan musik beatbox sebagai hasil penelitian dengan cukup bagus. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dalam proses upaya memperkenalkan musik Beatbox menggunakan metode pembelajaran kooperatif dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari musik Beatbox dan memperoleh hasil pembelajaran yang cukup efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Musik Betbox, Metode Kooperatif, Lagu Model, Mahasiswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:03
Last Modified: 30 Oct 2019 03:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item