Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ipa Melalui Studi Pustaka

RIWU, Atanasius (2021) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ipa Melalui Studi Pustaka. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka yakni data-data atau bahan-bahan yang diperlukan berasal dari perpustakaan baik berupa skripsi, buku ensklopedi, kamus, jurnal, dokumen, maupun majalah. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran penemuan (discovery learning) dan materi pembelajaran yang diperlukan adalah materi pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi IPA melalui studi pustaka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif melalui metode studi pustaka atau library reseacrh. Data yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terdahulu dengan berjumlah 16 buah tugas akhir dari sumber 8 skripsi dan 8 jurnal pendidikan, yang selanjutnya dianalisis untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada nilai rata-rata tes awal (pretest) dan nilai rata-rata tes akhir (posttest) setelah diterapkan model discovery learning terjadi perubahan terhadap belajar peserta didik. Selain itu berdasarkan uji statistik masing-masing penelitian yang menggunakan uji anacova menunjukan bahwa nilai probabilitas yang diperoleh adalah P (sig) < α sedangkan dengan menggunakan uji T dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh Thitung > Ttabel, sehingga rata-rata hasil belajar peserta didik sesudah diberi perlakuan (posttest) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum diberi perlakuan (pretest) Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi IPA melalui studi pustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Discovery learning, hasil belajar IPA, Studi Pustaka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 12 May 2022 05:37
Last Modified: 12 May 2022 05:37
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6427

Actions (login required)

View Item View Item