Profil Kemampuan Mengelola Emosi Marah Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi (Studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas SMPK Sulama Kada Kabupaten Malaka tahun pelajaran 2021/2022)

AEK, Natalia (2021) Profil Kemampuan Mengelola Emosi Marah Siswa Dan Implikasinya Bagi Program Bimbingan Pribadi (Studi deskriptif kuantitatif pada siswa kelas SMPK Sulama Kada Kabupaten Malaka tahun pelajaran 2021/2022). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Profil kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas SMPK Sulama Kada Kabupaten Malaka tahun pelajaran 2021/2022. 2) Implikasi dari profil kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas SMPK Sulama Kada Kabupaten Malaka tahun pelajaran 2021/2022, bagi program bimbingan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data adalah angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kecenderungan pusat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil kemampuan mengelola emosi marah siswa kelas SMPK Sulama Kada Kabupaten Malaka tahun pelajaran 2021/2022, berada pada kategori tinggi. Artinya, siswa kelas SMPK Sulama Kada Kabupaten Malaka tahun pelajaran 2021/2022, memiliki kemampuan untuk mengelola emosi marah dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti mengajukan saran kepada pihak-pihak yang terkait yaitu: 1) Kepala Sekolah: diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dengan semua pihak terutama guru BK untuk melaksanakan kegiatan program bimbingan pribadi di sekolah. 2) Guru BK: diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang baik dengan wali kelas dan guru mata pelajaran agar dapat memperoleh informasi tentang siswa yang mengalami masalah kemampuan mengelola emosi marah siswa untuk di tindak lanjuti dalam bimbingan pribadi. 3) Guru Mata Pelajaran: diharapkan dapat bekerja sama dalam memberikan informasi mengenai kemampuan mengelola emosi marah siswa kepada guru BK di sekolah, sehingga dapat membantu siswa dalam mengelola emosi marah. 4) Siswa: diharapkan dapat memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling yang disediakan di sekolah sehingga dapat mencegah masalah-masalah pribadi dan meningkatkan kemampuan mengelola emosi marah di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 12 May 2022 04:53
Last Modified: 12 May 2022 04:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6434

Actions (login required)

View Item View Item