Efektivitas Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik

RATU, Desidarius Tupen (2021) Efektivitas Penerapan Teknik Modeling Simbolis Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (499kB)
[img] Text
BAB IV & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)

Abstract

Efektivitas penggunaan teknik modeling simbolis melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik.Masalah yang dikaji dalam penulisan ini yaitu: 1) Mengapa teknik modeling simbolis melalui bimbingan kelompok diterapkan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik? 2) Bagaimana prosedur penerapan teknik modeling simbolis melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik? 3) Apakah penerapan teknik modeling simbolis melalui bimbingan kelompok efektif meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik?.Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Alasan penerapan teknik modeling simbolis melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik. 2) Prosedur penerapan teknik modeling simbolik melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik.3) Efektivitas penerapan teknik modeling simbolis melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik.Metode kajian dalam penulisan skripsi ini adalah studi kepustakaan. Objek kajian penulisan ini adalah teknik modeling simbolis, bimbingan kelompokdan komunikasi interpersonal. Sumber data menggunakan sumber data sekunder. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif.Hasil pembahasannya adalah: 1) teknik modeling simbolis diterapkan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik karena penggunaan teknik modeling simbolis, bertujuan untuk merubah perilaku konseli dengan cara mengamati apa yang ditayangkan kepadanya melalui contoh-contoh faktual yang diperankanoleh model yang diidolakan dalam media yang disiapkan. 2) Prosedur pelaksanaan teknik modeling simbolis dilakukan melalui tahap-tahap bimbingan kelompok yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran.Pada tahap kegiatan diterapkan teknik modeling simbolis melalui tahap-tahap berikut yaitu rasional, memberi contoh, praktek/latihan, pekerjaan rumah dan evaluasi. 3)Efektivitas penerapan teknik modeling simbolis dalam meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik di sekolah di dukung oleh artikel hasil penelitian Ghozali tahun 2015. Berdasarkan pembahassan di atas maka penulis mengemukakan saran kepada:1) Guru BK diharapkan untuk mengkaji lebih dalam tentang teknik modeling simbolis agar dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan komunikasi interpersonal peserta didik. 2) Penulis diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya tentang teknik modeling simbolis melalui kegiatan bimbingan kelompokagar dapat diterapkan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 12 May 2022 04:35
Last Modified: 12 May 2022 04:35
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item View Item