Uji Efektivitas Ekstrak Daun Anting-Anting (Acalypha Indica Linn) Sebagai Antibakteri Terhadap Bakteri (Staphylococcus Aureus) Secara In Vitro

TAMONOB, Arshinto (2019) Uji Efektivitas Ekstrak Daun Anting-Anting (Acalypha Indica Linn) Sebagai Antibakteri Terhadap Bakteri (Staphylococcus Aureus) Secara In Vitro. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (752kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (284kB)

Abstract

Staphylococcus aureus yang merupakan mikroba patogen yang biasa dikendalikan dengan menggunakan antibiotic. Penggunaan antibiotic yang tidak teratur dan terus menerus dapat menyebabkan resistensi terhadap Staphylococcus aureus dan efek medis terhadap konsumen. Oleh karena itu tindakan alternatif perlu dilakukan dengan upaya mendapatkan obat natural baru yang efektif mengendalikan mikroba patogen dan aman bagi konsumen. Salah satu obat tradisional alamiah yaitu tumbuhan anting-anting (Acalypha indica L) yang digunakan untuk mengobati infeksi luka pada manusia. Namun khasiat dari tumbuhan ini sebagai obat dari tumbuhan ini perlu dibuktikan dengan melakukan penelitian secara ilmiah. Tujuan penelitian ini yaitu membuktikan ada tidaknya efektivitas ekstrak daun anting-anting (Acalypha indica L) sebagai antibakteri terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus secara in vitro. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium mikrobiologi UNWIRA pada tanggal 29 April - 23 Mei 2019. Jenis penelitian ini adalah True Experiment, dengan menggunakan pola The Posttest Only Control Group Design. Jumlah perlakuan dalam penelitian ini adalah 5 perlakuan yang diulangi sebanyak 3 kali ulangan dan 1 kontrol. Data yang dikumpulkan dengan cara mengukur diameter zona hambat, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dan BNT 1%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun anting-anting (Acalypha indica L) efektif secara signifikan terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus yang ditandai dengan F hitung > F tabel yakni (69.21589>5,99) dengan tingkat kepercayaan 99% yang menunjukkan tidak ada perbedaan nyata antara konsentrasi 20% dan 40% dan juga konsentrasi 60% dan 80% sebagaimana terlihat pada tabel BNT 4.3. Berdasarkan hasil uji lanjut BNT sebagaimana terlihat pada tabel 4.3 di jelaskan bahwa terdapat tingkat efektivitas antibakteri ekstrak daun anting-anting pada konsentrasi 100% sangat tinggi berbeda dengan konsentrasi 40% dan 60% sedangkan perlakuan dengan konsentrasi 40%, 60% dan 100% berbeda dengan perlakuan 1 dan 2 yaitu 20% dan 40%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ekstrak Daun Anting-anting (Acalypha indica L), Bakteri Staphylococcus aureus, In Vitro.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:11
Last Modified: 30 Oct 2019 03:11
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item