USFAL, Apriana Odilia (2021) Analisis Penerapan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Kota Kupang Tahun 2020 (Studi Kasus Pada Puskesmas Kupang Kota). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Download (322kB) |
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 6 indikator pelayanan yang belum memenuhi target SPM, diantaranya terdiri dari 1) Pelayanan Kesehatan Balita, 2) Pelayanan Kesehatan pada Usia Pendidikan Dasar, 3) Pelayanan Kesehatan pada Usia Lanjut, 4) Pelayanan Kesehatan Penderita Hipertensi, 5) Pelayanan Kesehatan orang dengan Gangguan Jiwa Berat, 6) Pelayanan Kesehatan orang dengan Resiko Terinfeksi Virus yang Melemahkan Daya Tahan Tubuh Manusia (Human Immunodeficiency Virus). Beberapa faktor yang menghambat laju target SPM yang tidak mencapai target pada Puskesmas Kupang Kota adalah: masih kurangnya kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, peralatan, sarana dan prasarana kesehatan di puskesmas Kupang Kota, kurangnya Monitoring, adanya Covid-19, banyaknya dokter-dokter spesialis yang membuka praktek di Kota Kupang, masih adanya budaya malu dari masyarakat untuk memeriksa penyakitnya, dan kurangnya informasi dan partisipasi masyarakat untuk berkunjung ke Puskesmas. Adapun upaya yang harus dilakukan untuk mengatasi rendahnya capaian Standar Pelayanan Minimal yang tidak mencapai target pada Puskesmas Kupang Kota ialah: Harus adanya kontrol atau melakukan monitoring dan evaluasi, melakukan sosialisasi terkait pentingnya pemeriksaan kesehatan sejak dini, meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, peralatan, sarana dan prasarana kesehatan setiap indikator. Puskesmas Kupang Kota sebaiknya perlu adanya kontrol, evaluasi,meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, sarana prasarana, menambah fasilitas seperti ambulans keliling dan memperluas jangkauan sosialisasi, guna untuk meningkat SPM Puskesmas sehingga terciptanya kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Standar Pelayanan Minimal, Capaian pada Puskesmas Kupang Kota |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 17 May 2022 04:11 |
Last Modified: | 17 May 2022 04:11 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6480 |
Actions (login required)
View Item |