Implementasi Inovasi Pelayanan Melalui Siak Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang

BARETO, Romario (2021) Implementasi Inovasi Pelayanan Melalui Siak Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB VI .pdf

Download (309kB)

Abstract

Teori yang digunakan oleh peneliti dalam memecahkan masalah penelitian adalah Inovasi Pelayanan Publik dan kebijakan publik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahapan anlisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, tahap penarikan kesimpulan lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Relative Advantageatau Keuntungan Relative ditandai, berupa adanya aplikasi Siak yang menyediakan tentang Berkas Persyaratan Administrasi Kependudukan yang diakses secara online. Pelayanan di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang sudah sangat baik dan transparan dimana tidak adanya praktek pungli dan calo serta tidak adanya diskriminasi dalam pelayanandan inovasi lewatprogram GISA. (2) Compabilityatau Kesesuian ditandai, berupa adanya kepastian waktu dalam pelayanan administrasi kependudukan dalam kurun waktu yang telah ditentukan yang ada dalam SOP dalam rangka memberikan pelayanan administrasi kependudukan yang baik sehingga kualitas pelayannya akan meningkat sebagaimana diamanatkan Dalam Pasal 21 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Permendagri Nomor 95 Tahun 2019 Tentang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan danPerwali Kupang Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Pelayanan Publik Berbasis Elektronik di Kelurahan Lingkup Kota Kupang (3). Observability atau Kemudahan diamati ditandai, berupa adanyaTingginya partisipasi masyarakat Kota Kupang dalam pengurusan administrasi kependudukan yang disebabkan adanya kesadaran masyarakat yang dipengaruhi oleh factor-factor seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan penghasilan serta ditambah Jaringan/Koneksi internet yang baik dan fasilitas peralatan yang mendukung di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang. Berdasarkan hasil analisis di atas, penulis menyimpulkan Implementasi Inovasi Pelayanan Melalui Aplikasi SIAK Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang, suda berjalan dengan baik dan optimal yang ditandai dengan adanya Relative Advantage atau Keuntungan Relative, Compability atau Kesesuian dan Observability atau Kemudahan diamati. Berdasarkan hasil kesimpulan di atas dapat diajukan beberapa saran yaitu kedepanya perlu melakukan pengecekkan secara langsung antara data yang tersimpan dalam database dengan keadaan di lapangan dengan melibatkan RT, RW, dan Lurah setempat dan peningkatan fasilitas sarana dan prasarana yang lebih baik lagi bagi kecamatan melalui anggaran pengeluaran dinas yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implsementasi Inovasi Pelayanan Publik Disdukcapil Kota Kupang
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 18 May 2022 04:29
Last Modified: 18 May 2022 04:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6502

Actions (login required)

View Item View Item