Pengaruh Faktor Kelas Sosial, Gaya Hidup, Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada PT. Honda Dinamika Motor di Kota Kupang

KLEDEN, Handriyani K. (2014) Pengaruh Faktor Kelas Sosial, Gaya Hidup, Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada PT. Honda Dinamika Motor di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (234kB)

Abstract

PT. Honda Dinamika Motor Kupang merupakan salah satu distributor sepeda motor pabrikan Honda yang menjual dan memasarkan sepeda motor, salah satunya adalah sepeda motor Honda Beat yang volume penjualannya mengalami fluktuasi dari bulan Januari-Desember pada tahun 2013 dan menurun jumlah penjualannya dibandingkan tahun 2012. Penurunan ini diduga dipengaruhi faktor kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian dalam keputusan pembelian. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran pengaruh faktor Kelas sosial, Gaya hidup, dan Kepribadian terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada PT. Honda Dinamika Motor Kupang? 2) Apakah faktor Kelas sosial, Gaya hidup, dan Kepribadian secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada PT. Honda Dinamika Motor Kupang? 3) Apakah faktor Kelas sosial, Gaya hidup, dan Kepribadian secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat pada PT. Honda Dinamika Motor Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli sepeda motor Honda Beat pada PT. Honda Dinamika Motor di Kota Kupang. Sampel ditentukan sebanyak 100 orang, dengan teknik pengambilan sampel secara aksidental. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner, Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan capaian indikator kelas sosial 81,6% dalam kategori baik, gaya hidup 81,33% dalam kategori baik, kelas sosial 85,67% dalam kategori sangat baik, dan keputusan pembelian 83,47% dalam kategori baik. Berdasarkan analisis statistik regresi linier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut: Y= 2,245 + 0,308X1 + 0,263X2 + 0,256X3+ e. Hasil uji t menunjukkan bahwa dari tiga variabel yaitu kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan bahwa dari tiga variabel yaitu kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisisen determinasi = 0,724, di mana 72,4% keputusan pembelian merupakan kontribusi dari variabel kelas sosial, gaya hidup dan kepribadian, sedangkan sisanya 27,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis tersebut disarankan untuk dapat meningkatkan keputusan pembelian sepeda motor Honda Beat, maka pihak PT. Honda Dinamika Motor menyarankan kepada PT. Astra Motor Honda Indonesia untuk lebih malakukan inovasi sepeda motor sesuai gaya hidup dan juga lebih memahami targeting pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kelas Sosial, Gaya Hidup, Kepribadian dan Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 19 May 2022 04:48
Last Modified: 19 May 2022 04:48
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6529

Actions (login required)

View Item View Item