Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Taksi Gogo Di Kota Kupang

TOKAN, Maria Jesika Keni (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Taksi Gogo Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (681kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (319kB)

Abstract

Taksi Gogo merupakan angkutan umum resmi yang operasionalnya berdasarkan Pergub No. 36 tentang angkutan umum premium. Taksi Gogo memiliki merek yang sangat kuat dan sudah melekat di hati masyarakat, namun pada 3 tahun terakhir (2017-2019) ini, jumlah pengguna terus mengalami penurunan. Penurunan jumlah pengguna ini, diduga disebabkan oleh kualitas pelayanan, citra merek dan harga yang bersaing dengan transportasi online lainnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Bagaimana persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan, citra merek, harga dan loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi Taksi Gogo di Kota Kupang? (2). Apakah kualitas pelayanan, citra merek dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi Taksi Gogo di Kota Kupang? (3). Apakah kualitas pelayanan, citra merek dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi Taksi Gogo di Kota Kupang? Penelitian ini dilakukan langsung pada konsumen yang menggunakan Taksi Gogo di Kota Kupang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 108 responden. Pengambilan sampel meggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Alat analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif menggambarkan kategori persepsi variabel kualitas pelayanan 64,02%, variabel citra merek 63,86%, variabel harga 62,53% dan variabel loyalitas pelanggan 60,09%, semua masuk dalam kategori cukup baik. Analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 0,429X1 + 0,221X2 + 0,251X3. Hasil uji t menunjukkan variabel kualitas pelayanan, variabel citra merek dan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil uji F menunjukkan variabel kualitas pelayanan, citra merek dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil koefisien determinasi adalah 0,638 atau 63,8% artinya variabel loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi Taksi Gogo merupakan kontribusi dari variabel kualitas pelayanan, citra merek dan harga, sedangkan selebihnya sebesar 36,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Taksi Gogo diharapkan meningkatkan responsif pengemudi terhadap keluhan konsumen. Taksi Gogo selaku pengelola layanan dapat meningkatkan citra merek, baik itu dimensi kekuatan, kesukaan dan keunikan terkait desain logo, dan terkait variabel harga. Pengelola Taksi Gogo dapat menetapkan harga sesuai dengan kualitas yang diberikan atau dirasakan konsumen. Pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Harga, dan Loyalitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 20 May 2022 02:33
Last Modified: 20 May 2022 02:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6534

Actions (login required)

View Item View Item