Faktor - Faktor Penentu Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2017 (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Belu)

ASTEN, Maria Gaudensiana (2019) Faktor - Faktor Penentu Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Belu Tahun Anggaran 2017 (Studi Pada Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Belu). Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (143kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang menjadi penentu kualitas Laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Belu tahun anggaran 2017? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor penentu kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada Kabupaten Belu tahun anggran 2017 yang terdiri dari: Standar Akuntansi Pemeintah (SAP),Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi Keuangan, Peran Audit Internal,Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), dan Simtem Pengendalian Interen(SPI) terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Belu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 pegawai pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belu. Sampel penelitian ini menggunakan sempel jenuh, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 68 pegawai pada bagian Staf Akuntansi dan Kepala Bagian. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terkait faktor-faktor penentu kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Belu yakni, Pertama jawaban responden Standar Akuntansi Pemerintah terhadap kualias laporan keuangan pemerintah sebesar(76,05%) memberikan tanggapan Ya dalam artian bahwa terdapat hubungan antara standar akuntansi pemerintahan dengan kualitas laporan keuangan, Kedua, Sistem Informasi Akuntansi Keuangan Pemerintah sebesar (76%) memberikan jawaban Ya terhadap kualitas laporan keuangan laporan keuangan pemerintah, Ketiga, Peran Audit Internal sebesar (74,71%) memberikan jawaban Ya terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah, Keempat, Kapasitas Sumber Daya Manusia(SDM) sebesar (74,26%) memberikan jawaban Ya dan yang kelima Sistem Penegendalian Intern (SPI) sebesar (69,93%) memberikan jawaban Ya terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah. Disarankan dari peneliti kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Belu untuk kedepannya bisa meberikan data menggunakan metode wawancara, supaya persepsi dari respon lebih mencerminkan kompetensi responden terkait kemampuan dan pengelolaan keuangan dan manejemen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standar Akuntansi Pemerintah, Sistem Informasi Akuntasi Keuangan Pemerintah, Peran Audit Internal,Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sistem Pengendalian Intern.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: S.Ptk Dami Damianus
Date Deposited: 30 Oct 2019 23:52
Last Modified: 30 Oct 2019 23:52
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/654

Actions (login required)

View Item View Item