Efektivitas Penerapan Teknik Behavioral Contract Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Di Sekolah

MARA, Prudensiana (2019) Efektivitas Penerapan Teknik Behavioral Contract Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Di Sekolah. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan teknik behavioral contract melalui layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi perilaku agresif verbal siswa di sekolah?”. Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan teknik behavioral contract melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresif verbal siswa di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan tipe penelitian pra eksperimen. Instrumen penelitian berupa panduan pelaksanaan teknik behavioral contract melalui layanan bimbingan kelompok dan pedoman observasi. Analisis data penelitian dilakukan secara individual dengan cara mentabulasikan hasil pengukuran setiap subjek penelitian pada tahap baseline 1 (A1) dan baseline 2 (A2) dan menggambarnya dalam grafik. Komponen yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi kecenderungan /trend stabilitas perubahan level yang terjadi pada fase baseline 1 (A1) dan fase baseline 2 (A2). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik behavioral contract melalui layanan bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku agresif verbal siswa di sekolah kelas VIIID,yang dibuktikan dengan perubahan level kecenderungan/trend stabilitas yang cenderung tinggi pada fase baseline 1 (A1),dan cenderung rendah pada fase baseline 2 (A2), setelah dilakukan treatment dengan teknik behavioral contract melalui layanan bimbingan kelompok. Dari hasil penelitian tersebut, hipotesis nol (Ho) yang berbunyi (penerapan teknik behavioral contract melalui layanan bimbingan kelompok tidak efektif mengurangi perilaku agresif verbal siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019) ditolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi (penerapan teknik behavioral contract melalui layanan bimbingan kelompok efektif mengurangi perilaku agresif verbal siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2018/2019) diterima. Berdasarkan hasil analisis dan interpretasi data penelitian yang telah dipaparkan diketahui bahwa terjadi perbedaan perilaku agresif verbal siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2018/2019, sebelum dan sesudah treatment/intervensi. Perbedaan itu berupa berkurangnya perilaku agresif verbal siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 setelah pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik behavioral contract. Berdasarkan hasil tersebut peneliti mengemukakan saran kepada: 1) Kepala sekolah sebagai bahan masukan untuk memberikan dukungan dan informasi kepada guru BK dalam memperhatikan siswa yang mengalami masalah perilaku agresif verbal. 2) Guru BK, sebagai penyelenggara layanan bimbingan kelompok di sekolah agar memberikan layanan kepada siswa dengan baik. 3) Wali kelas, sebagai bahan masukan untuk memberikan informasi dan dukungan kepada guru BK ketika menemukan siswa yang mengalami masalah agresif verbal ketika berada dalam kelas. 4) Siswa, diharapkan dapat memanfaatkaan layanan bimbingan kelompok yang diberikan oleh guru BK mengenai perilaku agresif verbal dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 31 Oct 2019 00:00
Last Modified: 31 Oct 2019 00:00
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item