Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemampuan Asosiatif Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

BETY, Yunita Avila (2019) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kemampuan Asosiatif Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Pokok Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas katolik Widya mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)

Abstract

Pendekatan pembelajaran discoverymengacu pada kemampuan siswa dalam, menanya, mengumpulkan data, mengolah data,membuktikandanmenarik kesimpulan. Dalam proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan discovery learning siswa akan lebih terlihat aktifdan berperan langsung dalam aktivitas belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui efektifitas pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019. (2) Mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun ajaran 2018/2019 (3) Mengetahui kemampuan asosiatif siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun 2018/2019 (4) (a) Mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA SMAMuhammadiyah Kupangtahun ajaran 2018/2019. (b) Mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan asosiatifsiswa terhadap hasil belajar kimia dalam menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA SMAMuhammadiyah KupangTahun ajaran 2018/2019. (c) Mengetahui ada tidaknya hubungan motivasi belajar dan kemampuan asosiatif siswa terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan Pendekatan |discovery learningpada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPASMAMuhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019. (5) (a) Mengetahui ada tidaknya pengaruhmotivasi belajar terhadap hasil belajar dalam pembelajaran kimia yang menerapkanpendekatan discovery learning pada siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. (b) Mengetahui ada tidaknya pengaruhkemampuan asosiatif terhadap hasil belajarkimiadalam pembelajaran yang menerapkanpendekatan discovery learning Pada Materi pokok laju reaksi pada siswa XI IPA SMA Muhammadiyah Kupang tahun ajaran 2018/2019. (c) Mengetahui ada tidaknya pengaruhmotivasi belajar dan kemampuan asosiatif terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery leaning pada materi pokok lajureaksi pada siswa kelas XI IPA SMAMuhammadiyah Kupangtahun ajaran 2018/2019Sampel dari penelitian iniadalah peserta didik kelas XI IPA SMAMuhammadiyah Kupangtahun ajaran 2018/2019.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapanpendekatan discovery learning efektif padapembelajaran materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPASMAMuhammadiyah Kupangtahun ajaran 2018/2019(2) Motivasi Belajar peserta didik kelas XI IPA SMAMuhammadiyah Kupangtermasuk dalam kategori kuatdengan presentase rata-rata motivasi belajar sebesar 80%(3) Kemampuan asosiatif peserta didik kelas XI IPASMAMuahammadiyahKupangtermasuk dalam kategoriasosiatif dengan presentase rata-rata 80%(4) Adanya hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan asosiatif terhadap hasil belajar peserta didikpada materi pokok laju reaksiyang menerapkan pendekatan discovery learning siswa kelas XI IPA SMAMuhammadiyah Kupang yang ditunjukan dengan (rx1x2y) = 0,994dan nilai ˃atau 12,5˃ 3,32(5) Adanya pengaruh antara motivasi belajar dan kemampuan asosiatif terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkanpendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi pada siswa kelas XI IPA SMAMuhammadiyah Kupangtahun ajaran 2018/2019 dengah hasil penelitianmenunjukan adanya pengaruh motivasi belajar dan kemampuan asosiatif terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 0,994 + 0,522(X1)+ 0,483(X2)dan nilai F hitung>F tabel atau 12,4 > 2,316.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, KemampuanAsosiatif,Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 31 Oct 2019 00:27
Last Modified: 31 Oct 2019 00:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item