Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berppikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Studi Literatur

DANUS, Maria Agustina (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berppikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Studi Literatur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (336kB)

Abstract

Pembelajaran yang berkualitas memerlukan penanganan yang tepat sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Kualitas pembelajaran sangat bergantung pada model dan strategi pembelajaran yang digunakan. Pembelajaran IPA hendaknya menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA melalui studi literatur. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi pustaka atau library research. Data yang diambil atau dikumpulkan melalui studi kepustakaan adalah data yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terdahulu dari sumber jurnal pendidikan dan juga skripsi yang kemudian data tersebut dianalisis untuk memperoleh hasil penenlitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata posttest kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sangat berbeda. Rata- rata nilai posttest pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan nilai rata-rata pada kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing atau kelas eksperimen. Dapat dilihat dari kisaran nilai rata-rata posttest kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol memiliki rentang nila dari 18.82- 72.06 dan nilai posttest pada kelas eksperimen yaitu 20.09- 80.7 sementara nilai rata-rata posttest hasil belajar pada kelas kontrol memiliki rentang nilai 49.28- 76.3 dan nilai posttest pada kelas eksperimen memiliki rentang nilai dari 67.56- 83.04. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPA melalui studi literatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model inkuiri terbimbing, pembelajaran IPA, kemampuan berpikir kritis, Hasil Belajar, dan studi literatur.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 27 May 2022 01:19
Last Modified: 27 May 2022 01:19
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6571

Actions (login required)

View Item View Item