Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) Materi Pokok Energi Dan Usaha Peserta Didik Kelas VIIIe Semester Ganjil SMPN 14 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014

US’ABATAN, Ana Maria (2013) Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Intruction) Materi Pokok Energi Dan Usaha Peserta Didik Kelas VIIIe Semester Ganjil SMPN 14 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (103kB)

Abstract

Model pembelajaran langsung (DI) Direct Intruction merupakan salah satu model pembelajaran yang baik untuk membantu peserta didik mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh informasi yang dibelajarkan selangkah demi selangkah. Pembelajaran ini juga dapat mengembangkan belajar peserta didik tentang pengetahuan prosedural dan deklaratif sederhana. Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil penerapan model pembelajaran langsung (DI) materi pokok energi dan usaha peserta didik kelas VIII E SMP NEGERI 14 Kupang Tahun Ajaran 2013/2014? Secara terperinci dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung? (2) Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung? (3) Bagaimana ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung? (4) Bagaimana respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langung? Tujuan umum penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil penerapan model pembelajaran langsung materi pokok energy dan usaha, secara terperinci dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung, (2) Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung, (3) Mendskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung, (4) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII E SMP Negeri 14 Kupang semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan adalah (1) Lembar pengamatan pengelola pembelajaran langsung, (2) Kisi-kisi Tes Hasil Belajar (THB) produk, (3) Tes Hasil Belajar (THB), (4) Lembar isian respon peserta didik terhadap model pembelajaran langsung. Data pengamatan dalam pengelolaan pembelajaran langsung dan tes hasil belajar dianalisis secara deskriptif. Dari analisis data diperoleh bahwa hasil penerapan model pembelajaran langsung (DI) pada materi pokok energy dan usaha adalah baik. Secara terperinci dapat diuraikan (1) Kemampuan guru dalam mengelola model pembelajaran langsung pada materi pokok energy dan usaha adalah baik. Pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi memperoleh skor tertinggi dan terendah. Ketuntasan indikator hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran langsung dengan proporsi tigabelas indikator hasil belajar yang disiapkan semuanya tuntas dengan rata-rata proporsi ≥ 0,75%. Ketuntasan untuk hasil belajar produk adalah tuntas. Respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran langsung adalah sangat baik dan memiliki minat yang tinggi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan melihat hasil yang ada, penelitian dengan menerapkan model pembelajaran langsung dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas dan disesuaikan dengan karakteristik materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 25 May 2022 04:12
Last Modified: 25 May 2022 04:12
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6589

Actions (login required)

View Item View Item