Pengaruh Sikap Responsif Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Sistem Koloid Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019

OEMATAN, Maria Fatima (2019) Pengaruh Sikap Responsif Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Dan Keterampilan Dengan Menerapkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pokok Sistem Koloid Peserta Didik Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 6 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (802kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (447kB)

Abstract

Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri merupakan pendekatan pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berpikir ilmiah pada diri peserta didik, sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik lebih banyak belajar sendiri, mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Peserta didik benar-benar ditempatkan sebagai subjek belajar,peranan guru dalam pembelajaran dengan pendekatan inkuiri adalah sebagai pembimbing dan fasilitator. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah sikap responsif peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan antara sikap responsif terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan efektifitas pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (2) Mendeskripsikan sikap responsif peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019(3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. (4) Mendeskripsikan ada tidaknya hubungan antara sikap responsif terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019.(5) Mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Dari analisis data diperoleh:(1)Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing efektif pada materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019.(2)Sikap responsif peserta didik kelas kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan persentase rata-rata 74,72%. (3) Kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80,72%. (4) Ada hubungan antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rX1X2Y1) = 0,740 dan (rX1X2Y2) = 0,796. (5) Ada pengaruh antara sikap responsif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam pembelajaran yang menerapkan pendekatan inkuiri terbimbing materi pokok sistem koloid peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 6 Kupang tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi ganda Ŷ = 34,940 + 0,367X1 + 0,308X2 dan Ŷ = 67,900 + 0,122X1 + 0,150X2.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sikap Responsif, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Pengetahuan, Hasil Belajar Keterampilan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 31 Oct 2019 00:41
Last Modified: 31 Oct 2019 00:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item