Penerapan Metode Solfeggio Dalam Pembelajaran Notasi Balok Pada Siswa-Siswi Kelas XI IPS-2 SMA Kristen 1 Kupang

MBATU, Arni (2013) Penerapan Metode Solfeggio Dalam Pembelajaran Notasi Balok Pada Siswa-Siswi Kelas XI IPS-2 SMA Kristen 1 Kupang. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (124kB)

Abstract

Judul: “Penerapan Metode Solfeggio dalam Pembelajaran Notasi Balok pada Siswa/i Kelas XI IPS-2 SMA Kristen 1 Kupang”. Judul ini dilatar belakangi oleh minimnya Pengetahuan siswa/i tentang mata pelajaran kesenian dengan penggunaan metode solfegio. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yakni “Bagaimana proses penerapan metode solfeggio dalam pembelajaran notasi balok pada siswa/i kelas XI IPS-2 SMA Kristen 1 Kupang. Tujuan peneliti yakni Untuk mengetahui proses penerapan metode solfegio dalam pembelajaran notasi balok pada siswa/i kelas XI IPS-2 SMA Kristen 1 Kupang. Teori yang digunakan untuk mendukung pembahasan meliputi konsep tentang pembagian metode solfeggio dan notasi balok. Penelitian ini bersifat kualitatif untuk mendapatkan data, teknik yang digunakan yakni observasi langsung terhadap kegiatan Tindakan Kelas disamping wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode solfeggio dalam pembelajaran notasi balok dilakukan melalui langkah-langkah sebagai berikut: pada tahap pelaksanaan siklus I, pembelajaran diawali dengan penerapan hal-hal teori tentang pengertian notasi balok, bagianbagian notasi balok, bentuk dan nilai not, dilanjutkan dengan praktek membunyikan bentuk dan nilai not dalam permainan gerak anggota tubuh (tepukkan tangan, hentakan kaki, tepuk paha, dan mengetuk peda pada meja), kemudian pada pelaksanaan siklus II, peneliti menjelaskan teori tentang pengertian paranada, not pada spasi dan garis paranada, garis bantu, tanda birama, serta tanda kunci. Peneliti bersama siswa berpartisipasi aktif dalam membaca tangga nada, membaca not-not pada spasi dan garis paranada serta membaca sebuah lagu pendek/etude yang sederhana. Guru membimbing siswa dalam penjelasan teori maupun praktek, siswa menyimak secara saksama, kemudian secara bersama-sama menirukan berdasarkan contoh yang diberikan guru. Proses kegiatan ini dilakukan berulang-ulang sampai siswa memahami dengan baik materi pelajaran yang diterapkan. Saran-saran: pembelajaran notasi balok merupakan bagian dari pembelajaran kesenian oleh karena itu pembelajaran notasi balok harus diakrabi serta diperkenalkan sehingga siswa dapat memperluas pengetahuan musik mereka. Metode pembelajaran yang sudah diterapkan dalam proses pembelajaran notasi balok sebaiknya dipertahankan dan berusaha untuk menemukan lagi metode-metode pembelajaran baru demi memperkaya metode pembelajaran yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Solfeggio, Notasi Balok.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > ML Literature of music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 May 2022 02:02
Last Modified: 24 May 2022 02:02
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6591

Actions (login required)

View Item View Item