Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pemilihan Jurusan Pada Siswa Kelas XA Di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014

JENUDIN, Konstantinus (2014) Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pemilihan Jurusan Pada Siswa Kelas XA Di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (73kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru Bimbingan dan Konseling dalam pemilihan jurusan pada siswa kelas XA di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kupang tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru Bimbingan dan Konseling dalam pemilihan jurusan pada siswa kelas XA di SMA Swasta Terakreditasi PGRI Kota Kupang tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah studi dokumen dan wawancara, alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar studi dokumen dan pedoman wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Setelah melakukan penelitian dan analisis data diperoleh hasil bahwa, guru Bimbingan dan Konseling telah melaksanakan tugasnya dalam pemilihan jurusan, seperti memberikan layanan informasi kepada siswa tentang jurusan-jurusan di SMA melalui bimbingan kelompok dan klasikal serta memberikan materi tentang pemahaman terhadap jurusan dan juga syarat-syarat dalam memilih jurusan. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan yang sudah dijalankan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam membimbing dan mendorong siswa untuk memilih jurusanjurusan yang tepat di SMA. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa guru Bimbingan dan Konseling sudah berperan dengan baik dalam membantu siswa memilih jurusan, di mana guru Bimbingan dan Konseling memberikan informasi tentang jurusan-jurusan di SMA serta memberikan materi kepada siswa, dengan demikian siswa/siswi mampu memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuannya. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti mengajukan beberapa saran kepada; (1) Guru Bimbingan dan Konseling, diharapkan agar dapat meningkatkan perannya dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling, khususnya membimbing siswa/siswi sebelum memilih jurusan, sehingga siswa bisa memilih jurusan dengan tepat, (2). Kepala sekolah, hendaknya memfasilitasi seluruh kegiatan guru Bimbingan dan Konseling dengan menyediakan fasilitas yang memadai guna menunjang kegiatan BK terutama kegiatan pemilihan jurusan, (3). Wali Kelas diharapkan lebih meningkatkan kerja sama dengan guru Bimbingan dan Konseling dengan memberikan informasi dan data tentang siswa, sehingga kegiatan guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan informasi tentang jurusan berjalan efektif, (4). Siswa/siswi diharapakan agar bisa memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling terutama layanan informasi tentang jurusan, sehingga bisa memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuannya, dan juga bisa memahami bahwa jurusan di SMA dapat menentukan arah pendidikan selanjutnya serta arah karir ketika kelak tamat dari SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: S.KM Ustyn Ceme
Date Deposited: 25 May 2022 00:18
Last Modified: 25 May 2022 00:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6614

Actions (login required)

View Item View Item